Mentri Sosial Datang Ke Banyuwangi Askab Gelar Rapat Rutinitas

0
512

BANYUWANGI, SIGAP88NEWS || Jadwal yang sudah di agendakan jauh hari sebelumnya, Banyuwangi akan kedatangan salah satu orang penting di Republik ini yaitu Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Menurut sumber info Mensos Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan datang ke Bumi Blambangan pada Minggu 7 Januari 2017.
Di Banyuwangi.

Dalam rangka itu Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi ( Askab ), gelar rapat koordinasi di Aula tempat Wisata Alam Indah Lestari ( AIL ) Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Hadir dalam rapat koordinasi tersebut para Kepala Desa se Kabupaten Banyuwangi.

Pada kesempatn tersebut Agus Tarmidi Ketua Askab kepada media menyampaikan, bahwa secara kelembagaan ada agenda rutinitas pertemuan Askab.

Dijelaskannya banyak materi yang jadi bahasan, salah satunya adalah agar Kepala Desa segera menyesuaikan dengan regulasi yang ada baik itu UU Desa, PP 47, produk – produk Perda yang baru karena itu sebagai rujukan dan menjadi payung hukum setiap kegiatan Pemerintah Desa.

” karena disaat Kepala Desa tidak bisa melaksanakan tugas tugas sesuai hukum maka hukum akan mengintai mereka ” tutur Agus Tarmidi Kamis 4 / 1 / 2017. Masih kata Agus Tarmidi Ketua Askab, ” Kedua atas intruksi, himbauan baik dari KPK atau Presiden, bahwa mari bersama sama mengawal, mengawasi penggunaan Dana Desa itu yang selanjutnya diterjemahkan oleh institusi penegak hukum baik dari Kejaksaan, Kepolisian, Tim Saberpungli ” jelasnya.

Selain itu menurut Ketua Askab ada elemen lain yang wajib ikut mengawal dalam pengawasan terhadap pengelolaan Dana Desa. Disebutnya minimal ada 8 elemen antara lain BPK, BPKP, Insprktorat, BPD, Pendamping Desa, Njo , Media dan Masyarakat. Elemen – elemen itulah yang inten mengawasi Kepala Desa. Namun mengawasi dalam artian bukan untuk menghukum, akan tetapi pengawasan dalam hal pembenahan yang salah diluruskan dan diberdayakan.

Disinggung oleh media apakah pertemuan juga membahas terkait rencana kedatangan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang notabene Cagub Jatim. Agus Tarmidi mengatakan,” memang sudah ada agenda untuk silaturohmi menemui stekholder khususnya Kepala Desa di Banyuwangi dan akan kami sambut dengan baik tentunya, dan sebagai bentuk aprisiasi Askab kepada Mentri akan memberikan cindera mata, ” katanya.

Dikonfirmasi tentang tanggapan atas kinerja Menteri Sosial, Agus Tarmidi menanggapi bahwa bukan kapasitasnya untuk menilai kinerja Menteri. Namun secara spesifik mengakui bahwa yang dirasakan selama ini program kerja Khofifah sangat menyentuh ke tingkat Desa seperti program KIP, KIS dan lain sebagainya.

Masalah arah dukungan politik pada Pilgub Jatim 2018 yang akan datang, menurut Ketua Askab siapapun calon yang muncul pasti adalah yang terbaik. Askab tidak mengikat hak politik para Kepala Desa, dan siapapun yang mencalonkan menjadi Gubernur harus didukung. Dan diakhir keterangannya Ketua Askab Agus Tarmidi menghimbau kepada Kepala Desa untuk ikut hadir melakukan penyambutan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. ( Heru c).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini