Mahasiswi Asal Madura Mewakili UIN Sunan Ampel Surabaya ke Lombok

0
1194

Mahasiswi asal madura (muzayana) kerap dengan sapaan akrab “Muza” boyong prestasi di tahun 2017 menjadi delagate Pemuda Mendunia Chapter Singapore Batch II Oleh Studec international, diawal tahun 2018 berhasil menjadi Delagates Lombok Youth Camp For Peace Leraders di Mataram (21/01/2017) Mendatang.

Program Lombok youth Camp For Peace Leader merupakan kegiatan perkemahan bagi mahasiswa Muslim yang diselenggarakan oleh NC Mataram, bekerjasama dengan pusat Pengkajian islam dan masyarakat (PPIM) UIN Jakarta dan UNDP (United Nation Development Program).

Program ini dimaksud untuk mengembangkan serta memperkuat wawasan keindonesiaan, keislaman, nilai bina damai sekaligus mengembangkan berbagai upaya nyata untuk mencegah kekerasan, radikalisme dan ekstrimisme di kalangan pemuda. Selain itu, program ini juga untuk memfasilitasi aktivis kampus dalam membangun kerjasama lintas organisasi kemahasiswaan di PTKIN/S dalam mengkampanyekan nilai-nilai islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Peserta dapat mengikuti beragam kegaiatan kemah seperti sesi panel majelis hamroni, mentoring, FGD, api unggun dan atraksi budaya, gala dinner, out-bound, site visit ke areal wisata, sekaligus bhakti sosial. Sejumlah narasumber nasional dan ragional dijadwalkan hadir seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), dan Gubernur Nusa Tenggara Barat, serta mentor-mentor yang berkompeten dalam bidang kepemudaan, islam dan perdamaian.

Kegiatan ini dilaksakan selama 5 hari, yaitu mulai tanggal 21-25 Januari 2018 bertempatan di berbagai area parawisata Lombok seperti wisata pantai klui-senggigih, wisata budaya lingsar-lombok barat, komunitas adat dan agama lombok utara, cagar budaya kota mataram, ikon baru peradaban NTB yaitu Islamic Center Mataram.

Bangga Menjadi Bagian Delegates Lombok Youth Camp (LYC) Peace Leader 2018

Ditulis Oleh;
Muzayana muza
(Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya)

Nusatenggara Center (NC) adalah Organisasi nirlaba yang didirikan pada 1 Ramadhan 1491 H bertepatan dengan 9 Desember 1999 di Mataram Indonesia. Fokus kegiatan terutama pada riset, pengembangan pendidikan dan pengembangan sosial kemasyarakatan.

Jumlah peserta lombok youth camp for peace leaders 2017 sebanyak 1.921 dan lolos seleksi tahap pertama sebanyak 479 peserta. Seleksi cukup ketat sehingga menghasilkan 200 peserta yang lolos menjadi bagian dari LYC For Leader 2018. Nama-nama yang lolos sebagai peserta dirilis di akun resmi melalui laman website Nusatenggara Center di https://nusatenggaracenter.or.id

Pendaftar dari berbagai PTKI/UIN/IAIN Se indonesia diantaranya;

  1. UIN Syarif Hidayatuallah,
  2. UIN Surabaya
  3. UIN walisongo Semarang
  4. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  5. UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  6. UIN Sumatera Medan
  7. UIN Malik ibrahim malang
  8. IAIN Salatiga
  9. UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta
  10. UIN Alaudin Makassar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini