Dengan Hadirnya Perpustakaan DiDesa Tondo mulo Menjadi Wahana Edukasi Masyarakat.

Moh Yusuf
Siap Ndan! 722 Views
2 Min Read

BOJONEGORO, – Bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bojonegoro, Kodim 0813 Bojonegoro menggelar sosialisasi pembentukan perpustakaan desa, yang bertempat di Balai Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (15/7)

Tampil sebagai pemateri dalam acara rangkaian kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 105 tahun 2019, Drs. Sukarni, M.M., M.Si., Kasi Layanan Sarana Prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bojonegoro mengatakan”. tentang pentingnya keberadaan perpustakaan desa yang tidak dapat dipandang remeh.

Karena didirikannya perpustakaan guna untuk menarik dan menumbuh kembangkan minat, serta semangat membaca masyarakat. Terutama bagi warga yang berusia pelajar yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Hadirnya perpustakaan desa tentu dapat memotivasi mereka untuk terus belajar dan berkreasi, melalui asupan buku-buku serta informasi yang disediakan di perpustakaan desa sesuai bidang yang mereka sukai,” ucapnya.

Menurutnya, sebagaimana perpustakaan pada umumnya, perpustakaan desa memiliki fungsi khusus, yaitu sebagai lembaga layanan bahan pustaka dan informasi bagi masyarakat dalam hal informasi, edukasi, kebudayaan, pelestarian, dan wisata.

Selain sebagai wahana dalam hal edukasi, perpustakaan desa juga dapat digunakan sebagai sentra usaha kegiatan masyarakat dalam skala kecil (rumah tangga) yang memproduksi berbagai hasil industri rumah tangga.

“Jika masyarakat mempergunakan perpustakaan secara optimal, maka tujuan penyelenggaraan perpustakaan desa dalam memperbaiki taraf kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” terangnya.

Pihaknya menghimbau kepada warga yang hadir agar berperan aktif dan berpartisipasi dalam mensosialisasikan fungsi perpustakaan desa dilingkungan tempat tinggalnya.

“Dan menjaga koleksi buku-buku perpustakaan desa agar tetap terawat dengan baik kondisinya,” imbuhnya.

Kegiatan dihadiri pemuda karang taruna, ibu-ibu PKK, Guru PAUD dan Perangkat Desa setempat.(Ayuk /Arditya)

 

Editor :Sutrisno Utomo.

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *