Ketahanan Nasional Diawali Dari Kuatnya Fundamental Keluarga

0
33

*TMMD 105 Bojonegoro

BOJONEGORO, – Sebanyak 30  Ibu-ibu kader PKK dan dengan disertai perangkat Desa Tondomulo Kecamatan Kedungadem, mendapat penyuluhan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bertempat di balai desa setempat , Jum’at (19/07).

Hadir sebagai pemateri dalam acara ini, Ir. Endang Susilowati, MM., dan Ir. Titik Purnomorini, MM., M. Si., telah memberikan penjelasan tentang program kawasan rumah pangan lestari.

Ir. Endang Susilowati, MM., mengatakan bahwa ketahanan pangan nasional sangat erat kaitannya dengan ketahanan pangan tingkat keluarga.

Maka salah satu upaya dengan mewujudkan ketahanan pangan nasional adalah memperkuat fundamentalnya diawali dari lingkup keluarga sendiri.

“Dengan pemanfaatan lahan pekarangan keluarga secara optimal dengan metode yang tepat guna, maka akan dapat menghasilkan diversifikasi pangan keluarga yang tentunya akan menekan anggaran belanja keluarga,” ungkapnya.

Sebuah keluarga harus mampu menyediakan kemandirian pangan bagi anggota keluarganya, yang terdiri dari asupan energi, protein, dan vitaminnya dengan memanfaatkan berbagai macam sumber pangan lokal.

“Maka dengan adanya penyuluhan ini diharapkan dapat meminimalisir resiko masalah rawan pangan dan angka kemiskinan ditingkat masyarakat pedesaan,” tegasnya.

Sementara itu, Ir. Titik Purnomorini MM., Msi., mengatakan bahwa dengan pemanfaatan pekarangan keluarga dengan berbagai jenis tanaman pangan, akan mampu meminimalkan ketergantungan bahan pangan dari luar wilayah.

“Melalui program TMMD ke 105 Kodim  0813 Bojonegoro ,sangat besar harapan kami agar dapat memotivasi masyarakat Desa Tondomulo untuk menciptakan ketahanan pangan keluarga dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” pungkasnya.(Ayuk /arditya)

 

 

Editor :Sutrisno Utomo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here