Satgas TMMD Bergotong Royong Pada Prosesi Pemakaman Warga Desa Setail

0
66

Banyuwangi – Di tengah kesibukan Satgas TMMD dalam menyelesaikan tugas pokoknya, langsung melayat ke rumah duka yang berada di lokasi TMMD ke 105 Kodim 0825/Banyuwangi di Desa Setail Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi.

Begitu mendengar kabar, ada seorang warga Desa Setail, Bpk Kusen Bin Mudawi (64) wafat.

Anggota Satgas tidak hanya datang melayat dan memberikan doa, tetapi ikut serta dalam memandikan jenazah, mengangkat keranda jenazah bahkan sampai memasukkannya ke liang lahat tempat terakhir almarhum dimakamkan.

Bpk Kusen Bin Mudawi merupakan warga Desa Setail. Menghembuskan nafas terakhir pada Jumat sore sekitar pukul 17.00 Wib. Dia meninggal di usia 64 tahun. Saat jenazah Bpk Kusen dimasukkan ke liang lahat, para anggota Satgas TMMD Kodim 0825/Banyuwangi yang masih menggenakan seragam loreng-loreng ini, tanpa sungkan-sungkan langsung turun ke liang lahat meletakan jenazah kepembaringan terakhir menghadap kiblat.

“Walau sesibuk apapun, kita harus menyempatkan diri untuk mengetahui apa yang terjadi di sekitar kita. Apalagi ini ada warga yang wafat,” kata Lettu Inf Samsul Hidayat selaku dari Tim Tehknis Bintalrem 083/Bdj saat kami konfirmasi.

“Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, dikatakannya harus saling tolong-menolong, sebagai bentuk kepedulian kita kepada sesama umat”. Ini semua kita lakukan karena kita sebagai sesama manusia harus memiliki toleransi dan membantu sesama, serta ikut berbelasungkawa apabila ada salah satu di antara kita meninggal dunia,“ ujarnya.

Namun, apa yang kita lakukan dan kerjakan juga harus diniatkan sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Kita harus bisa berbaur dengan masyarakat, terlebih disaat ada program TMMD seperti sekarang ini, sehingga kehadiran Tentara benar-benar dirasakan masyarakat,” tambahnya. (Tim Tehknis Penrem 083/Bdj).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here