Kesenian Tengul Kabupaten Bojonegoro Akan Ikuti Perhelatan Akbar Keistana Jakarta

Moh Yusuf
Uncategorized 753 Views
3 Min Read

Bojonegoro -Tari Tengul kebanggaan masyarakat Bojonegoro  bersiap untuk menuju istana jakarta, hal ini mendapatkan kehormatan untuk tampil di perhelatan resmi nasional di Istana Negara. Tarian itu bakal menyemarakkan peringatan kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Bupati Bojonegoro  mengatakan, penampilan tari Tengul dalam acara resmi nasional merupakan kehormatan bagi warga daerah.dikatakan olehnya bahwa ada 4 kesenian yang akan hadir keistana mewakili propinsi masing masing, atara lain, Bojonegoro (jawa timur) Atambua (NTT), Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan Magelang (Jawa Tengah)

seniman-seniman belia Bojonegoro  akan membawakan tari Tengulnya.  pada peringatan hari kemerdekaan RI di hadapan Presiden Joko Widodo.

“Ini merupakan apresiasi tinggi dari pemerintah pusat, dari Presiden, dari kementerian terkait dan Badan Ekonomi Kretif (Bekraf) yang menjadi panitia, terhadap kekayaan seni budaya Nusantara. Artinya, kita semua sepakat bahwa keragaman seni budaya Nusantara ini bukan menjadi pemecah belah, tapi perekat bangsa,” ujar Ana Mu’Awanah .

Bupati Perempuan ini  menambahkan, dengan diundangnya kesenian daerah ke Istana, para seniman yang membawakannya bakal memperoleh pengalaman berharga tak terlupakan. Apalagi, mayoritas yang tampil adalah anak-anak muda usia Sekolah yang masih duduk dibangku Pelajar  Menengah Pertama ( SMP) dan Sekolah  Menengah Atas (SMA).

“Seperti pengalaman tampil di peringatan peringatan sebelumnya, diharapkan agar menjadi pengalaman tak ternilai bagi pelajar pelajar  di Bojonegoro yang membawakannya.

Jadikanlah pengalaman Ini bisa menjadi spirit bagi anak-anak muda untuk berkarya lebih baik dan lebih keras dalam mengejar mimpi-mimpinya,” kata Bupati Bojonegoro .senin (12/8/2019)

Demikian  juga sambutan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Amir Syahid  ,”ucapan terima kasih kepada seluruh seniman dan budayawan di Bojonegoro  yang selama ini terus berkarya tanpa lelah mengembangkan seni-budaya daerah. “Ada banyak seniman dan budayawan lintas generasi dari tua sampai muda yang terus bersemangat. Karya kreatif mereka juga difasilitasi lewat festival-festival budaya di Bojonegoro ,” ujarnya.

Tari Tengul merupakan tarian khas Kabupaten Bojonegoro yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Bukan Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .guna  Untuk
mengangkat dan melestarikan kesenian daerah.

Bentuk kesenian ini telah menjadi ciri khas dari daerah Bojonegoro hingga tak salah jika Bojonegoro selalu diidentikkan dengan Kabupaten yang penuh dengan talenta . Kenyataannya, Bojonegoro sering dijuluki Kota Kuliner dan kota pariwisata.

“Kebudayaan makin dilestarikan akan semakin memakmurkan. Kesenian dan budaya terus kita support untuk terus hadir dan melengkapi atraksi untuk wisatawan.

Tari Tengul gerakannya indah dan peragaan yang disajikan merupakan gerakan tari yang diwarnai seni pantomin sebagai pejabaran setiap lirik dari gending-gending yang dilantunkan karena sastra Prasemon,” kata Amir syahid kepada wartawan. (Yuk/tris)

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *