Forkopimda dan Masyarakat Simeulue Laksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Terluar NKRI

0
51

SIMEULUE – SDM Unggul Indonesia Maju, tema yang diusung pada HUT RI ke 74 tahun 2019, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Simeulue dan masyarakat melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di Pulau Terluar Simeulue Cut yang digelar di Pelabuhan Tambatan Perahu Desa Latak Ayah, Kamis (15/08/2019).

Bupati Simeulue H.Erly Hasyim,SH.,S.Ag.,M.I.Kom selaku inspektur upacara menyampaikan, Pertama saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada kita semua yang telah bertekad dan berusaha demi mengibarkan sang saka merah putih di salah satu tapal batas NKRI kawasan laut Simeulue Cut, semoga semangat nasionalisme dan persatuan ini akan terus hidup dalam jiwa kita, tidak hanya untuk hari ini, tidak hanya untuk peringatan kemerdekaan ini, tetapi dalam semua visi dan misi pembangunan dalam mencapai kemerdekaan secara hakiki dan merata sampai dengan dikawasan-kawasan terpencil Simeulue.

Dimana tahun ini, kita merayakan HUT Ke-74 dengan mengangkat tema “SDM Unggul, Indonesia Maju.” Tema ini diangkat oleh pemerintah pusat, dalam rangka untuk menegaskan kembali cita-cita pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Indonesia. Presiden RI H.Ir.Joko Widodo juga telah menyampaikan rangkaian visi Indonesia, yang salah satunya adalah pembangunan SDM sebagai kunci Indonesia maju dimasa depan, selain kualitas pendidikan yang merupakan kunci utama.

Kemudian, terkait tema kemerdekaan yang diusung pada tahun ini, kami selaku pimpinan daerah mengharapkan kesediaan semua pihak untuk bersatu dan bekerjasama dalam meningkatkan kualitas SDM masing-masing. Hal ini merupakan poin penting yang harus kita ingat dan resapi, bahwa bila kita tidak meningkatkan kualitas diri, menambah ilmu pengetahuan dan mengembangkan kemampuan positif, maka pemerintah dan seluruh jajaran Forkopimda di Kabupaten Simeulue, akan sulit dalam merampungkan kerja nyata yang telah kita rintis beberapa tahun ini dan insya Allah akan rampung dalam beberapa tahun kedepan. Untuk itu, mari kita jadikan momentum HUT RI untuk kembali bersatu, bekerjasama dan mewujudkan cita-cita awal kita untuk mewujudkan Simeulue Sejahtera. Mari kita tinggalkan budaya negatif yang tidak bermanfaat dan mendatangkan mudharat serta lebih selektif lagi dalam menerima, mengolah dan meneruskan informasi terkait aktifitas kita dalam menggunakan media teknologi. Gunakanlah media teknologi dengan bijak dalam tujuan untuk meningkatkan SDM yang unggul, bukan untuk menghambat kemajuan pembangunan.

Selanjutnya, dalam beberapa tahun kedepan, seluruh visi dan misi kita Insya Allah akan segera rampung, sampai dengan saat ini ada beberapa bidang yang dapat dilihat perkembangannya secara signifikan, yaitu, Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas Untuk Menghasilkan Sumber Daya Manusia Yang Unggul dan Berdaya Saing.
Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Yang Berkualitas, Terjangkau dan Merata. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, Bersih dan Amanah. Meningkatkan Ketersediaan dan Kualitas Infrastruktur dan Fasilitas Umum Dan Membangun Hubungan Baik Dengan Pemerintah Daerah Lain, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat.

Dengan semangat kemerdekaan, mari kita bersama-sama merenungkan kilas balik perjuangan para pahlawan Indonesia, agar menjadi semangat bagi diri kita semua generasi penerus perjuangan bangsa, untuk dapat terus berkarya demi pembangunan negeri ini. Dengan kembali berkibarnya sang saka merah putih di salah satu tapal batas NKRI, Pulau Simeulue Cut pada hari yang bersejarah ini, telah mewakili komitmen seluruh warga masyarakat Simeulue, bahwa rakyat Simeulue beserta jajaran Pemerintah dan Forkopimda menyatakan sikap menolak dan melawan seluruh upaya pihak luar yang ingin menguasai wilayah Indonesia di kawasan Simeulue, serta melarang keras pihak luar memasuki wilayah laut Simeulue tanpa izin apalagi sampai melakukan eksploitasi terhadap kawasan laut dan darat Simeulue.

Terakhir saya menghimbau kepada kita semua agar tidak melupakan jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan, dengan terus mendoakan amal baik mereka dan melanjutkan perjuangan mereka untuk membangun Indonesia dan Kabupaten Simeulue yang tercinta, Tutupnya.

Dalam upacara pengibaran bendera merah putih di Pulau Terluar dihadiri oleh, Dandim 0115 Simeulue Letkol Inf Awang Danuarto S. Sos, Kapolres Simeulue, AKBP Ardanto Nugroho, S.I.K., S.H., M.H, Palaksa Lanal Simeulue, Mayor Laut (P) Muhamad Rajiman, S.E, Asisten I dan Asisten II Setdakab Simeulue, Kadishub Simeulue, Kasatpol PP Simeulue, Kaban Kesbangpol Kab. Simeulue, Danramil 02 Simeulue Tengah Kapten Agus Nababan, Kapolsek Simeulue Tengah Iptu Darmansyah, Camat Simeulue Cut Heri Herwanto serta unsur SKPK/SKPD dalam wilayah Kabupaten Simeulue.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here