Kearifan Budaya Aceh, Perkokoh Nasionalisme

0
68
Foto : Tengku Ibrahim Zamzami

BANDA ACEH – Koordinator Jaringan Pemuda Aceh Serantau (J-PAS), Tengku Ibrahim Zamzami, mendorong kearifan budaya Aceh sebagai upaya memperkokoh semangat nasionalisme di tengah masyarakat bumi ‘Seuramoe Mekkah’.

“Momentum perayaan detik-detik proklamasi 17 Agustus tahun ini, hendaknya dapat kita maknai sebagai perekat persatuan dan kesatuan Aceh, lewat kearifan budaya yang bermartabat,” sebut Ibrahim Zamzami dalam rilisnya, Jumat (16/8/2019).

Dikatakan, budaya Aceh yang beradab dan bermartabat menjadi titik awal dalam meningkatkan rasa nasionalisme demi menjaga dan memelihara perdamaian hakiki di Aceh.

Perdamaian Aceh, lanjut dia, merupakan bagian tak terpisahkan dari serangkaian upaya memajukan pembangunan di bumi ‘Iskandar Muda’. Karenanya, semua komponen bangsa berkepentingan untuk merawat Aceh damai yang bermartabat.

Terlebih menurut dia, semangat nasionalisme rakyat Aceh telah dibuktikan sejak masa awal kemerdekaan Indonesia. Pesawat Dakota RI 001 dan emas dipuncak Monas adalah bagian nasionalisme Aceh.

“Lewat semangat ini, bisa mengawal perdamaian Aceh. Propinsi ini harus bangkit dari keterpurukan paska konflik dan tsunami,” papar anak muda yang kini berdomisili di Semarang, Jawa Tengah ini.

Laporan : Alamsyah Saputra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here