SDN I Dander Warnai Karnaval Dirgahayu RI Ke74 Dengan Kange Yunne Dan Tengul

0
130

Bojonegoro : Sebanyak 265 siswa Sekolah Dasar Negeri l Dander, mengikuti karnaval yang digelar lewat di depan Pendopo Kecamatan Dander /Bojonegoro Jawa Timur, Sabtu (24/8/2019)

Karnaval yang diikuti oleh tingkat SD dan SMP SLTA  dan Umum tersebut mengambil tema “SDM Unggul Indonesia Maju” sebagai ajang pengenalan budaya hingga keunggulan Bangsa Indonesia melalui beberapa miniatur dan pameran busana budaya.

SDN I Dander Bojonegoro  mengambil bagian dalam kesempatan tersebut,dengan  mengusung tema pembangunan melalui mengenalkan pakaian adat di Indonesia antara lain pakaian adat jawa, bali, kalimantan dan masih banyak lagi budaya budaya yang dimiliki dinegeri tercinta ini.

Ketua Penitia Karnaval SDN I Dander /Bojonegoro  Ibu Kepala sekolah Mamik Yuningtyas mengutarakan, beberapa simbol pakaian adat tersebut merupakan spirit bagi generasi muda agar indonesia menjadi negeri yang cinta dengan kebudayaan termasuk dengan pariwisatanya yang saat ini tengah didengungkan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro .terlebih agar anak anak kita yang masih duduk dibangku sekolah, agar dengan pawai kebudayaan ini menambah sprit (semangat)  belajar,dan mengenal  tentang ragam budaya yang dimiliki bangsa indonesia

Dengan semangat belajar dan mengenang para pahlawan pendahulu, Semoga generasi muda dengan cita citanya tetap  gemilang di masa yang akan datang.

Selain itu, dia menjelaskan Kabupaten Bojonegoro  yang dikenal dengan kota budaya (pariwisata) seperti kulinernya yang telah mencatatkan nasi buwohan dengan mendapatkan sertifikat MURI, kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro Tengul, dan baru saja telah dinobatkan Kange Yunne ,

Dan diKecamatan Dander Identik dengan santrinya  harus tetap menjadi wilayah yang religius dan menjaga tatanan tersebut.

Dander  dikenal kental dengan tatanan agama yang toleran bagi siapapun. “Sehingga warganya kedepan meneladani para kiai, para wali dengan SDM unggul, Dander /Bojonegoro juga bisa maju,Imbuhnya .

Selain itu, dia juga berharap Indonesia bisa menjadi negeri dengan ketahanan pangan yang mumpuni. Sebab menurutnya, Indonesi adalah negeri yang subur untuk tanaman, hal itu menjadi alasan Indonesia harus memiliki ketahanan pangan yang mumpuni.

Dalam acara itu, para siswa yang mengikuti karnaval  juga memamerkan marching band, budaya Lokal Bojonegoro dengan mengenakan kostum adat dan fashion yang dihiasi dengan pernak pernik. Karnaval .

Kegiatan tahunan ini telah menjadi salah satu even yang ditunggu tunggu warga setiap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI. (yuk/3s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here