Budaya Bulan Asyoro di Tulungagung

0
316

TULUNGAGUNG, SIGAP88NEWS.COM – Tradisi kebudayaan Grebek Suro Sedekah Bumi yang setiap tahun diadakan Tumpeng Agung di Pantai Gemah oleh warga masyarakat Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung pada hari Minggu, 1 September 2019 kemarin.
Grebek suro sedekah bumi yang d buat berbentuk kerucut dan dihiasi berbagai hasil bumi seperti kacang panjang, tomat, ketimun, wortel dan lain sebagainya, yang nantinya akan diarak warga masyarakat mengelilingi pesisir pantai

Acara Grebek suro sedekah bumi yang digelar pagi sekitar pukul 09.00 wib dihadiri Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, SKPD Kabupaten Tulungagung, Kepala dinas Pariwisata Kabupaten Muspika Camat Besuki, Kapolsek Besuki, Danramil Besuki, Pj Kepala Desa Keboireng, Kepala Desa Terpilih, perangkat Desa, DPD, LPM, RT, RW serta tokoh masyarakat yang hadir
Pj Kepala Desa Keboireng, Daryatin, SE dalam sambutannya mengucapkan ” banyak terima kasih kepada masyarakat yang telah antusias mengadakan grebek suro sedekah bumi yang di adakan setiap tahun mulai tahun 2011 sampai sekarang ini, ” ungkap Bu Dar.

Lebih lanjut, ia juga berharap semoga dengan diadakannya grebek suro sedekah bumi ini, ” masyarakat makin makmur, aman, dan lancar dalam aktifitasnya, ” imbuhnya.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya Grebek suro merupakan tradisi kebudayaan yang harus di peringati dan sekaligus bisa menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung di wisata seperti wisata pantai gemah ini.

Bupati Maryoto Birowo saat di wawancara juga mengatakan ” akan secepatnya menata ruang wisata yang ada di pantai gemah biar lebih strategis “katanya.

Tumpeng agung yang diarak dari panggung kehormatan berjalan menuju ke tepi pantai secara beramai ramai bersama sama warga setempat atau pun wisatawan yang datang dari berbagai kota maupun luar daerah berjalan antusias berjalan mengikuti mengelilingi pantai sekitar 1 kilo kembali lagi ke panggung hiburan yang di angkat puluhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sampai panggung hiburan ribuan wisatawan yang berkunjung di wisata saling berebut tumpeng agung yang beraneka ragam hasil bumi.

Salah satu pengunjung Bu lilis dari Desa pagerwojo antusias berebut dengan penuh semangat ” walaupun saling bergesekkan dengan senang mendapatkan kacang panjang, tomat, lombok, ketimu ia berharap semog tahun depan grebek suro dapat di adakanlagi lebih gede”, ujarnya.

Jumarli, S.Pd selaku kepala pok darwis wisata pantai gemah mengatakan mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Desa Keboireng dan juga panitia penyelenggara yang telah mendukung grebek suro sedekah bumi, ” ia berberharap tahun ini di hadiri bapak bupati Tulungagung, muda mudahan tahun depan bisa di hadiri Ibu Gurbernur jawatimur syukur kalau bapak presiden Republik Indonesia yang hadir”, harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini