Danlantamal IV Tanam Mangrove Pecahkan Rekor Muri

0
315

Batam, sigap88news.com –Danlantamal IV tanam mangrove dalam rangka HUT TNI ke 74 dan untuk meraih rekor muri.
Penanaman mangrove di laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dan di Kepri di lakukan di Batam, bertempat Tering bay golf, Jalan. Hang Lekiu KM. 4, Nongsa, Sambau, Kecamatan. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (7/10/2019) pagi.

Komadan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E. M.A.P, menerangkan bahwa penanaman mangrove yang dilakukan hari ini di lakukan secara serentak seluruh Indonesia, selain memecahkan rekor muri untuk menjaga kelestarian Kepulauan Riau (Batam). Jumlah penanaman mangrove untuk di Kepri sejumlah 24.500 pohon, di bagi tiga wilayah Batam, Tanjung Balai Karimun dan di Ranai.

Kemudian lanjut Danlantamal bahwa mangrove yang kita tanam guna mencegah agar pantai–pantai kita dapat bertahan, dan tidak abrasi menjadi hilangnya pantai–pantai kita. Dengan pencegahan hal tersebut maka kita melakukan penanaman mangrove.

Lanjut Arsyad bahwa berdasarkan UU No. 34 tahun 2004 tugas pokok TNI adalah melaksanakan operasi militer selain perang implementasi tersebut diantaranya adalah pemberdayaan wilayah pertahanan salah satunya pembinaan potensi maritim.

Tugas ini jelas Arsyad adalah untuk membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam menyiapkan potensi nasional dalam mempertahankan negara, yang disiapkan secara dini, meliputi wilayah pertahanan bersama kekuatan berupa sumber daya nasional.

Penanaman mangrove pada hari ini adalah dalam rangka HUT TNI ke 74 sekaligus untuk memecahkan rekor muri se-Indonesia tahun 2019. Selain itu kegitan ini merupakan salah satu perhujutan kerja TNI Angkatan Laut dalam upaya membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup. Khususya bagi masyarakat pesisir Nongsa Batam.

Kegiatan penanaman mangrove yang di lakukan TNI Angkatan Laut berfungsi untuk penahan ombak, angin, penahan peresapan air laut dan menurunkan kandungan gas CO2.

Selanjutnya mangrove untuk memberikan kelangsungan hidup seperti ikan, udang dan kepiting serta satwa liar lainya seperti monyet, buaya muara, biawak dan burung.

Dalam hal ini Arsyad juga mengucapkan terima kasih pada pemerintah Provinsi Kepri dan pemerintah Kota Batam, TNI Polri dan masyarakat kota Batam, tokoh agama, mahasiswa, pelajar dan seluruh pihak yang telah membantu dan berpartisipasi membantu secara langsung maupun tidak langsung atas terselenggaranya kegiatan penanaman mangrove secara serentak, dalam peringatan HUT TNI Ke 74 tahun ini. Dan tidak lupa juga kepada ibu Enly selaku GM Tering bay golf.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Danlantamal IV Laksma TNI Arsyad Abdullah, SE, M.A.P, Danrem 033/WP Brigjend TNI Gabriel Lema, S.Sos, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofyan, Kapolda Kepri di wakili Polairud Polda Kepri, Waka Kejati Kepri, Kepala BNNP Kepri, Kepala BNPB Kepri, Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, para Komandan TNI-Polri, Asisten I Pemerintah Provinsi Kepri, Asisten II Pemerintah Kota Batam, Ketua Persit Korem 033/WP beserta jajaran, Ketua Korcab Daerah Jalasenastri Koarmada I (DJA I) beserta jajarannya, Ketua Pia Ardhya Garini beserta jajarannya, ibu – ibu Bhayangkari dan tokoh masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini