Bedholan Lembu, Semangat Baru Untuk Maju

0
35

Bojonegoro- kebudayaan merupakan warisan dari nenek moyang yang patut kita lestarikan. Karena sejatinya budaya adalah kekayaan yang dimiliki suatu daerah atau bangsa yang telah diberikan Sang Pencipta untuk kita.

Pagi ini Kecamatan Tambakrejo menggelar event kebudayaan bertajuk “Bedholan Lembu” di lapangan desa Bakalan, jumat (8/11). Camat Tambakrejo Harry Kristianto menyampaikan, kegiatan Bedholan Lembu ini adalah pertama kalinya dilaksanakan dan kedepannya “Bedholan Lembu” ini akan dilaksanakan setiap tahun pada Jum’at pahing bulan November. Bagi masyarakat Desa Bakalan “Bedholan lembu” ini merupakan simbol, bahwa lembu merupakan “Rojo Koyo” (Simbol Kekayaan) dan jika masyarakat ingin menjualnya sapi harus membawa keluar sapi dari rumah dalam istilah lain disebut “bedhol”. Harapanya adalah event “Bedhol Lembu” ini bisa menjadi event tahunan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari “nguri-nguri” kebudayaan yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Hal ini disampaikan pada saat mengahdiri “bedhol lembu” bersama Wakil Bupati,Forpimda, dan beberapa OPD yang hadir.

Sependapat dengan yang diharapkan masyarakat ini akan diangkat dalam event tahunan di Bojonegoro, meski baru pertama kali diselenggarakan, kedepan harus dikemas lebih baik lagi. “Bedhol Lembu ing Jumat Pahing bisa menjadi potensi baru di Bojonegoro, selain wisata budaya, event ini juga dapat menggerakan nilai ekonomi masyarakat khususnya untuk sektor peternakan. sehingga dapat merangsang produktifitas masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya” ungkap Bupati.(hum/yuk3s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here