725 Serfikat Tanah Telah Sukses Dibagikan Masyarakat Desa Tegal Kodo Sokosewu Kabupaten Bojonegoro

0
50

Bojonegoro ;Warga Desa Tegal Kodo Kecamatan Soko sewu, Kabupaten Bojonegoro ngumpul dibalai Desa Tegal Kodo, Senin (2/12/2019). Kedatangan warga ke balai  desa setempat guna menerima sertifikat tanah yang diserahkan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Tercatat ada 725 warga di Desa Tegal Kodo yang mendapatkan sertifikat bukti kepemilikan tanah dari pemeritah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2019.

Dalam acara tersebut Kepala Desa Tegal Kodo Tomy Litiyono S.sos, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bojonegoro , Forkopimca Soko sewu dan beberapa tamu undangan lainya.

Camat Kecamatan Soko sewu Mohamad Yasi S.sos mengatakan, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ini merupakan program strategis nasional, dalam rangka memberikan kepastian hukum dan fakta atas kepemilikan bidang tanah. Sebab tanah merupakan aset yang sangat berharga dan bernilai.

“Dalam program penyerahan sertifikat hari ini, jumlah yang mendapatkan sertifikat di Desa Tegal kodo sebanyak 725 dan menjadikan Desa Tegal kodo sudah tuntas dalam hal PTSL,” ujar Camat Soko sewu

Oleh karena itu, lanjut Camat Soko sewu Moch Yasir , acara ini juga dalam rangka meminimalisir dan mencegah hal yang tidak diharapkan maka pemerintah meluncurkan program PTSL.

“Tanah yang kita miliki dilindungi oleh adanya sertfikat, dan dalam proses pengurusannya sangat mudah dan murah. Selain itu program PTSL ini mudah, karena petugas yang mendatangi masyarakat untuk dilakukan pendataan dan penataan tanah,” ujarnya.

Menurut Moch Yasir, program PTSL merupakan program yang baik ataupun kesempatan emas yang harus diambil, sebagai perlindungan atas hak-hak kepemilikan tanah yang dimiliki.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih pada masyarakat Desa Tegal Kodo, atas partisipasi masyarakat terhadap program tersebut. Rawat dan jaga baik-baik sertifikat ini, dan kalau bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya jangan hanya disimpan di lemari saja,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegal kodo,Tomy Listiyono S.sos ,mengaku masyarakat Desa Tegal kodo sangat antusias untuk mendaftar dalam program pemerintah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat Tegal kodo yang mendatangi balai desa untuk mendaftarkan guna mendapatkan sertifikat kepemilikan tanah.

Sebelumnya dari pihak desa telah menyosialisasikan program PTSL ini kepada Masyarakat. Bahkan warga yang mendaftar dalam program ini juga sangat banyak.

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dengan progam ini, saya juga berterimakasih kepada Pemkab, Forkopimca, TNI, Polri dan tentunya masyarakat Desa tegal Kodo yang ikut mensukseskan progam ini,” jelas Kades Tomy.

Terpisah, salah satu warga Desa Tegal kodo Parmin, mengaku sangat berterimakasih dengan adanya progam ini. Sebab masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor pertanahan Kabupaten Bojonegoro untuk mengurusnya.

“Apalagi PTSL ini tidak dipungut biyaya, sehingga tidak merepotkan masyarakat,” tutup Parmin. (Yuk 3s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here