PT Bumi Suksesindo (BSI) Berikan  Bantuan Lima Desa Di Kecamatan Pesanggaran Berupa Motor

Redaksi
Regional 1.1k Views
3 Min Read

Banyuwangi – Sigap88news.com, Masyarakat lima desa di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, bisa tersenyum lega. Bukan hanya lantaran keberadaan CSR PT Bumi Suksesindo (PT BSI) telah mendorong percepatan pembangunan kampung halaman.

Tapi perusahaan tambang emas terbesar kedua di Indonesia ini juga telah menyalurkan bantuan motor kepada tiap pemerintah desa di Kecamatan Pesanggaran. Meliputi, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Sumbermulyo, Sarongan dan Kandangan.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Sarongan, Gunoto. Menurutnya, keberadaan PT BSI telah memberi manfaat pada daerahnya.

“Guna menunjang kinerja pemerintah desa, kita diberi bantuan motor. Bukan atas nama Kades, tapi murni untuk kinerja pemerintah desa,” katanya, Kamis (26/12/2019).

STNK motor bantuan, lanjut Gunoto, juga telah dia terima.

Untuk CSR, tahun 2019, Desa Sarongan, telah menerima Rp 465 juta dari PT BSI. Yang selanjutnya digunakan untuk pembangunan Mushala, gedung kelembagaan desa serta kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Itu belum yang CSR langsung ke masyarakat, biasanya disalurkan langsung ke kelompok sesuai proposal yang diajukan,” gamblangnya.

Pernyataan senada juga disampaikan Kades Sumbermulyo, Subali. Terkait bantuan motor, dirinya mengaku sangat mengapresiasi kepedulian PT BSI terhadap peningkatan pelayanan masyarakat didesa ring satu.

“Kalau ada yang bilang itu gratifikasi, itu tidak benar. Motor itu bukan untuk Kades, tapi untuk pemerintah desa, sebagai penunjang kinerja pelayanan,” ungkapnya.

Prosedur pemberian bantuan, masih Subali, juga sudah dikonsultasikan dengan Pemerintah Daerah Banyuwangi. Dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Inspektorat Banyuwangi.

“Surat-surat kelengkapan juga ada,” cetus Subali.

Dengan berbagai kontribusi PT BSI terhadap masyarakat Banyuwangi, khususnya daerah ring satu, Subali berharap kedewasaan dari para pihak. Terutama yang berkaitan dengan penyebar luasan kabar.

“Sebagai masyarakat yang baik, mari kita sampaikan sesuai fakta, agar masyarakat bisa menerima informasi yang benar,” katanya.

Selain bantuan motor, sambungnya, tahun 2019, seluruh desa ring satu juga mendapat aliran dana CSR dari PT BSI. Belum lagi yang langsung diserap masyarakat melalui proposal tiap kelompok.

Seperti diketahui, jenis motor yang diberikan oleh PT BSi adalah, Desa Sumberagung, Honda PCX, Desa Pesanggaran, Yamaha N – Max, Desa Kandangan, Yamaha N – Max, Desa Sarongan, Kawasaki KLX, Sumbermulyo Kawasaki KLX.

TAGGED:
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *