Pencairan DD Tahap I di Sampang Harus Diketuai Oleh DPMD, Rentan Dengan Berbau Ampau

0
182
Ilustrasi

Sampang, sigap88news.com || Untuk mencairan Dana Desa (DD) yang bersumber APBN tahap I, untuk Kabupaten Sampang, diharuskan diketahui oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, dimana hal ini rentan dengan berbau Ampau.

Padahal, setiap Desa sudah melakukan perubahan Anggaran Pandemi Covid-19, seperti pemangkasan Anggaran guna memasukan program baru, seperti BLT DD, pembelian Masker, dan lain sebagainya, dengan melakukan Musyawarah Desa (Musdes) Khusus dan Musrenbangdes Khusus perubahan.

Maka seluruh Kepala Desa (Kades) melalui Bendahara Desa, harus ke kantor DPMD Sampang, salah satu Kades bercerita, pencairan DD Tahap I harus ada rekom Kepala DPMD, agar DD tersebut cair, saat ditanya apakah saat meminta rekom itu memberikan sesuatu ?, si Kades yang enggan namanya dipublikasikan membenarkannya, namun untuk nominalnya enggan memberitahu.

“ Untuk mencairkan DD Tahap I ini harus dapat rekom Kepala DPMD, setelah itu baru ke Pihak Bank dan Dana itu lansing Cair “. Terangnya.

Pada saat wartawan sigap88news.com, mau konfirmasi ke kantor DPMD Sampang, tak sengaja, ada salah satu Kepala Desa amplopnya jatuh tepat di depan wartawan sigap88news.com tepatnya di ruang Lobby Kantor DPMD Sampang.

Setelah menunggu beberapa menit, Kepala DPMD Sampang A. Malik, keluar dari kantornya, dia membantah, bahwasanya itu bukan rekom, tetapi bentuk pembinaan DPMD kepada Kepala Desa, agar DD Tahap I tersebut, sudah menganggarkan Perubahan Program, seperti BLT dan Lain – Lain.

“ Bukan rekom, tetapi saya harus atau Rencana Pengguna Anggaran Dana (RPD), khawatir ada Desa yang belum mencairkan dana pandemi Covid-19 atau BLT, jika tidak ada maka saya kembalikan untuk segera diubah “. Katanya.

Dia juga sampaikan, masih banyak Desa yang dikembalikan untuk dilakukan perubahan, agar DD cair, menurutnya, murni melakukan pembinaan, dan untuk masalah ampau, dia minta, agar wartawan menanyakan langsung kepada Para Kades.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here