dr. Syafwan Jabarkan Tata Laksana Pemeriksaan Seseorang Terinfeksi Virus Corona

0
79
dr. Syafwan Jubir Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Gayo Lues

Gayo Lues, sigap88news.com – Banyaknya diskusi yang berkembang di tengah masyarakat tentang bagaimana cara kerja tim kesehatan Gugus Tugas COVID-19 melakukan pemeriksaan kepada orang-orang yang terinfeksi virus Corona yang saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh manusia di dunia.

dr. Syafwan selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kabupaten Gayo Lues didampingi kadis Kominfo Said Idris Wintareza saat konferensi pers di Gedung Bale Musara, Jum’at (01/05) menjabarkan langkah-langkah medis dalam mendiagnosa seseorang.

Pemeriksaan fisik dan riwayat perjalanan atau riwayat kontak.

Pertama, pengecekan fisik ini apakah seseorang ini ada gejala klinis seperti demam, sesak nafas dan gejala-gejala infeksi lain.

Kedua ini tidak kalah penting, ini terkait riwayat perjalanan dimana kita akan periksa dari mana saja warga tersebut sebelum dia masuk Gayo Lues kerena jika dia datang dari daerah yang positif Corona ada kemungkinan dia sudah pernah melakukan kontak dengan orang yang terpapar tanpa dia sadari.

“Kedua langkah inilah yang kita jadikan referensi apakah seseorang itu perlu kita tingkat pemeriksaan ketahap selanjutnya seperti melakukan Rapid test dan Swab untuk PCR,” jelas dr. Syafwan.

Lanjutnya, di Gayo Lues saat ini hanya bisa dilakukan pemeriksaan secara Rapid test dan Rontgen thorax (Pemeriksaan paru-paru dengan sinar-X) sedangkan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) hanya ada satu di Aceh yang bertempat di provinsi.

“Untuk Rapid test adalah pemeriksaan cepat yang diperiksa adalah kronologinya serta antibodi M dan antibodi G nya. Sedangkan Swab cara pengambilan sampel nasofaring orofaring dan laringofaring, itulah dijadikan sebagai pemeriksaan PCR,” tutup dr. Syafwan.  (Edi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here