Bantu Dinas Peternakan Suntik Sapi di Program TMMD

0
82

Tulungagung,- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, oleh Kodim 0807/Tulungagung sudah memasuki pekan ke tiga. Oleh karena itu, dalam pemenuhan pengerjaan non fisik salah satu program unggulan TMMD adalah Inseminasi buatan (IB) Sapi.

Memberikan Vitamin dan juga menyuntikkan Inseminasi Buatan ke dalam kelamin sapi betina yang birahi dengan tujuan untuk menjaga kelangsungan hidup serta kesehatan bagi sapi ternak.

Bertempat di Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung, penyuntikan itu dilakukan. Kopda Bustanul Babinsa desa Ngepoh, Jumat (17/7/20) mengatakan, ”Dalam rangka penyuntikan bibit sapi Limosin terhadap sapi warga binaan agar nantinya menghasilkan bibit sapi yang bagus dan unggul.”

Sertu Miswan didampingi Hudi, Yogik Sudomo dan Jarot Pramudiono melakukan penyuntikan sapi warga yang memang saat ini perlu untuk dilakukan penyuntikan.

” Sapi hasil Kawin suntik atau imseminasi Buatan adalah keturunan sapi jantan unggul, sehingga jika dipelihara akan menjadi cepat besar atau pertumbuhan, bobot badan harian yang tinggi dan jika dijual harganya juga mahal,” terang Yogik

Sementara itu, Menurut Sertu Miswan, jika Dinas Pertanian dan Peternakan rutin melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak warga setiap satu bulan sekali demi memastikan hewan hewan tersebut dalam keadaaan sehat, maka hasilnya hewan itu baik.

“Bertepatan saat ini juga dilaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan, maka kami dengan berinisiatif membantu memegangi sapi dan juga penyuntikan oleh Dinas Peternakan dapat berjalan dengan lancar,” pungkas Miswan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini