Desa Melilian,Terapkan ProKes covid-19 Dan Hadapi New Normal,Ini Yang Di Lakukan Pemdes

0
469

Muara Enim, Sigap88news.com || Guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona,Pemerintah desa (Pemdes) Melilian kecamatan gelumbang kabupaten muara enim provinsi sumatera selatan terus aktif kan posko gugus tugas dan terapkan protokol kesehatan (ProKes) Covid-19.

Supendi (39) Salah satu petugas posko mengatakan pada media, bahwa ia dan petugas lainnya terus memonitoring warga yang melintas.

“Ya,pak kami selalu memeriksa warga yang melintas,periksa identitas dan kesehatan nya dan untuk kendaraan yang ia gunakan kami semprotkan cairan desinfektan ,”ujar Supendi senin (20/07/2020)

Sementara itu kepala desa melilian Dedi Suyanto S,Sos menjelaskan bahwa antisipasi virus disease-19 bukan hanya di posko,Pemdes juga terus menghimbau dan mensosialisasikan pada warga desa melilian agar selalu jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

“Ya,kami selalu menghimbau pada warga agar selalu taat protokol kesehatan seperti gunakan masker,jaga jarak dan cuci tangan gunakan sabun dan terus jaga kebersihan lingkungan, “ungkap kades.

Pemerintah desa melilian terapkan protokol kesehatan dengan cara menyemprotkan cairan desinfekta di tempat umum menyediakan sarana tempat cuci tangan di tempat umum seperti kantor desa,tempat ibadah dan pasar kalangan.

“kami menyediakan sarana tempat cuci tangan dan sabun di tempat umum,apa lagi hari ini senin pasar kalangan desa melilian,kami pemdes bersama Bhabinsa dari koramil 404-01 gelumbang memberi himbauan agar taat protokol kesehatan,”kata Dedi.

kades juga menjelaskan kalau sejauh ini belum ada warga yang terpapar dan kades berharap agar virus corona cepat berlalu.

” Ya sejauh ini belum ada warga saya yang terpapar virus covid-19,dan kami berharap virus mematikan ini cepat hilang,”pungkas kades.

Pemdes melilian juga terapkan protokol new normal kepada warga dengan cara menghimbau sebagai berikut:
1.tidak keluar rumah saat sakit
2.gunakan masker dan hindari menyentuh area wajah
3.jaga jarak fisik minimal satu meter
4.mencuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun
5.membuang sampah pada tempat nya
6.segera bersihkan barang bawaan,mandi dan berganti pakaian setelah dari bepergian.
7.melapor keperangkat desa saat akan pulang dan bepergian.
8.melaporkan keperangkat desa apabila ada tamu dari luar daerah
9.berpartisipasi dalam penerapan protokol normal baru desa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini