Tuban Luncurkan Perpustakaan Digital Terintegrasi

Redaksi
Pemerintahan 715 Views
2 Min Read

TUBAN, sigap88news.com || Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban meluncurkan Tuban Library Digital (Tulid) di ruang Sudjono Putro Setda Tuban, Senin (24/08/2020).

Peluncuran Tulid dilajukan Kepala Dispersip Tuban, Joko Prijono, SH., M.Hum., dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Ir. Sunarto. Kegiatan ini dilakukan secara sederhana dan mematuhi protokol kesehatan.

Kepada awak media Joko Prijono mengungkapkan, aplikasi Perpustakaan Digital menjadi inovasi dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan perpustakaan. Cukup dengan menggunakan gadget masing-masing, masyarakat dapat mengakses informasi yang diperlukan tanpa harus datang ke perpustakaan.

“Aplikasi ini akan terus dikembangkan dari sisi pelayanan maupun koleksinya,” ungkap Joko Prijono.

Aplikasi tersebut telah mengintegrasikan perpustakaan nasional, lintas kabupaten/kota, dan kecamatan. Dispersip Tuban juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan dinas terkait di sejumlah kabupaten/kota wilayah Ratubangnegoro (Rembang, Tuban, Bojonegoro, Lamongan dan Blora).

Pada aplikasi ini terdapat 1.471 judul buku dengan total 216.982 eksemplar. Buku dan koleksi yang dikelola Perpustakaan Tuban disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Kedepannya diupayakan pengadaan literatur bagi kalangan mahasiswa.

“Harapannya, dapat meningkatkan kualitas literasi, mengembangkan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tuban,” tuturnya.

Ia menambahkan keberadaan perpustakaan menjadi jujukan literasi, juga wahana rekreasi bagi pelajar di tingkat TK-SMA. Hal ini menjadi konsep rekreasi dan edukasi yang menyentuh masyarakat hingga di tingkat terbawah.(3s/yuk)

TAGGED:
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *