Cangkrukan Karo Bu’e Dengan Tema Tentang Pelayanan Kependudukan

0
78

Bojonegoro, sigap88news.com || Sebagai upaya memberik pelayanan dasar untuk mensejahterakan masyarakat, Pemkab Bojonegoro menggelar acara ‘Cangkrukan Karo Buk’e’ di Pendopo Malowopati, Rabu (26/8/2020).

Dalam acara tersebut masyarakat bisa mendapatkan informasi program-program pemerintah yang sekaligus dapat menyampaikan masukan, kritik, ataupun saran bagi kemajuan Bojonegoro.

Cangkrukan Karo Bu’e yang digelar di Pendopo Pemkab kali ini mengambil tema tentang pelayanan kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DisDukCapil) Chosim menjelaskan bahwa sekarang pelayanan dokumen kependudukan dapat diakses secara online melalui aplikasi Aplikasi Si N’duk (Sistem Informasi Online Dokumen Kependudukan).

“Aplikasi ini diluncurkan untuk mengurangi instensitas tatap muka antara pemohon dan petugas pelayanan administrasi kependudukan di tengah pandemi Covid – 19,” terangnya.

Aplikasi Si N’duk dapat didownload di Playstore Smartphone Android. Aplikasi ini pada dasarnya mempermudah proses pelayanan adminduk, yaitu pemohon mendownload aplikasi di smartphone masing-masing, kemudian melakukan registrasi dengan memasukkan nomor NIK dan nomor KK.

Pemohon meng-upload berkas persyaratan pendudukung pengurusan dokumen kependudukan di aplikasi yang kemudian akan diproses oleh petugas administrasi kependudukan. Aplikasi Si N’duk dapat digunakan untuk semua jenis layanan.

Adapun persyaratan layanan dapat dicek di aplikasi tersebut yang kemudian harus dilengkapi dan di upload.

“Kami juga memberikan pelayanan secara langsung yaitu satu hari jadi dimana masyarakat yang mengajukan pelayanan mulai dari pukul 08.00-12.00. Karena setelah jam istirahat petugas melakukan kegiatan pencetakan dan sebagainya,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro Anna Muawannah menyampaikan bahwa kegiatan Cangkrukan Karo Buk’e merupakan kegiatan yang tujuannya untuk memberikan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya untuk kemajuan Bojonegoro.

Namun jika masyarakat yang tidak bisa hadir di pertemuan ini tetap bisa menyampaikan kritik ataupun sarannya bisa langsung ke akun instragam.

”Kalau saja ada masukan maupun saran bisa langsung tag atau DM ke IG saya, kalau masukan tersebut sesuai dengan kebijakan yang ada pasti akan langsung saya tanggapi,” pungkasnya. (35/yuk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini