Interaktif Sehat RSUD Dr.Iskak Tulungagung

0
111

Tulungagung, sigap88news.com || Dalam Streaming Talk Show interaktif sehat RSUD Dr.Iskak Kali ini yang tayang di YouTube pada tanggal 19-10-2020 dengan durasi kurang lebih 1jam, Dimoderatori oleh Mbak Ani dan Mbak Ira, Bersama Narasumber Dr. Wahyu Sita Wardani. Sp. KFR, membahas tema tentang ” JANGAN SEPELEKAN NYERI PUNGGUNG” Dan Para Sobat RSUD Dr. Iskak juga bisa mengikuti Talk Show interaktif Sehat melalui YouTube, Instagram, FB, serta WhatsApp dengan Nomor 081515646516.

Sebenarnya Setiap Orang 80% pernah mengalami Sakit Nyeri Punggung, , 10% nya akan berkembang menjadi penyakit kronis atau nyeri yang berlanjut dan kemudian yang paling banyak mengalami adalah usia yang produktif sekitar usia 33 sampai 55 tahun, Kenapa nya itu disebabkan karena berbagai macam hal, makanya dalam menghadapi keluhan ini tidak hanya cukup mengatasi nyeri nya saja, tapi kita harus juga mengetahui apa sih penyebabnya dari semua itu,sehingga kita menyelesaikannya itu dari akar permasalahannya,”

Menurut salah satu Narasumber dalam Streaming Talk Show interaktif sehat RSUD Dr. Iskak, Dengan panggilan Akrabnya Dr. Sita Sp. KFR (Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi) mengatakan, “Seseorang awam yang mengalami rasa sakit nyeri punggung masih menganggap hal yang normal, padahal rasa Nyeri punggung yang dialami seseorang tersebut tidak bisa dianggap suatu hal yang sepele, karena itu awal gejala/ timbulnya masalah pencepitan otot saraf, yang biasa disebut orang awam dengan nama KECETIT, jadi sangat mirip dengan gejala kesehatan yang sangat mengganggu pada postur tubuh yang akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit yang parah di persendian otot”. Ungkapnya.

Selanjutnya yang harus dicermati dan tidak boleh diabaikan Masyarakat pada umumnya adalah :
#1. Yang bisa dialami semua manusia adalah jatuh terduduk saat olahraga,sehingga merasakan dilema rasa sakit yang tajam, itu artinya otot saraf telah tertarik , sehingga cedera pada punggung yang bisa melemahkan, bahkan bisa membuat kita tidak bisa bergerak selama berminggu-minggu.”

#2. Kesalahan postur tubuh saat beraktivitas, Seperti mengangkat barang yang berat, tanpa memperhatikan cara yang benar, kesalahan ini biasanya yang sering orang Abaikan, padahal itu penyebab utama postur tubuh bisa menyebabkan rasa sakit pada otot saraf dan mempengaruhi masalah pada Struktur tulang punggung, jadi memang untuk mobilisasi yang berlebihan, postbilitatif salah urat serta postur tubuh posisi ergonomis sangat rentan menyebabkan nyeri punggung.

#3. Bekerja duduk berjam2 didepan laptop,komputer,handpone dengan posisi postur tubuh yang sering membungkuk, tanpa strecing
( peregangan otot alias senam ringan ) juga akan mengakibatkan nyeri pada bagian tubuh.

#4. Bertambahnya Faktor usia produktif/regenerasi biasanya seringkali terkena penjepitan saraf pada pinggang hingga menyebabkan nyeri pada punggung,padahal sebenarnya itu ada cara-cara yang benar untuk perbaikan postur tubuh semua ,caranya beraktifitas sehari hari,dengan memperhatikan pola hidup yang sehat, agar kedepannya ras sakit tersebut tidak kembali kambuh. Jelasnya”

“Berbagai kondisi yang menyebabkan nyeri pada anggota badan, dari linu punggung hingga stenosis tulang belakang, semuanya membutuhkan diagnosis dan perawatan yang tepat oleh ahli kesehatan tulang belakang karena jika berkepanjangan dapat menyebabkan cacat permanen, misal seperti halnya, Jika Anda berolahraga dan tidak memperhatikan rasa sakit ini, Anda harus segera pergi ke dokter, untuk memeriksakan rasa sakit yang disebabkan oleh nyeri pada otot tubuh.

Tentu halnya ini terjadi tidak secara tiba-tiba, tetapi mungkin bisa jadi masalah yang semakin buruk, dari waktu ke waktu, Jadi jika kita sudah merasakan keluhan penurunan fungsi pada lutut kaki dan juga mengalami sakit dipunggung, sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter.

Awal pada Sakit punggung bisa dikarenakan oleh pengaruh berbagai macam penyebab struktur saraf lainnya,seperti tulang otot saraf pada pembuluh darah atau semua penyakit yang mengenai ligamen ataupun otak, apapun itu bisa juga menyebabkan rasa sakit punggung kemudian penyakit lain seperti jantung, dan kadang-kadang juga bisa menyebabkan nyeri punggung kita menahan nyeri untuk sakit yang lain, sakit saluran apapun yang menahan diri sendiri itu sebenarnya otot tidak berkontraksi yang terus-terusan kaitanya nanti sama spasme ( kontraksi otot yang tidak sengaja, biasanya tidak berbahaya dan hanya sementara tapi dapat menimbulkan rasa sakit )

Sakit pada lambung ataupun maag
sama nyeri punggung ketika sampai ke atas tulang ekor karena menahan rasa sakitnya itu kemudian Biasanya kita pada posisi tertentu biasanya kalau nyeri haid terakhir yang bikin kita nyaman itu juga bisa menyebabkan tarikan otot dan fungsinya terus kemudian yang ini juga perlu dievaluasi.

Sebaliknya jangan takut untukk bergerak kembali lagi, manusia mengerjakan pekerjaan semuanya harus diimbangi dengan olahraga tapi hanya melalui gerakan stracing ini olahraga yang pasti kita ajarkan yang bener-bener.

lanjut dokter, bagi yang punya keluhan nyeri pinggang di tulang ekor sebaiknya melakukan pengobatan apa , sebelum kita melakukan pengobatan ini kita harus tahu dulu penyebab nyeri pinggang nya harus ditanya tentang Pekerjaan ,riwayat jatuh,riwayat sakit, baru setelah itu bisa menentukan pengobatannya apa ,Jadi kalau memang keluhannya sudah sangat tidak bisa ditahan segara pergi periksa kedokter, supaya bisa menjalani pemeriksaan lebih lanjut terutama pemeriksaan nanti lewat foto Rontgen tulangnya. Jadi sebelum kita melakukan manuver mau nggak mau harus tahu dulu di dalamnya, agar kedepannya bisa meminimalisir keluhan nyeri punggung dan semakin awal kita memperbaiki saraf postur tubuh akan memperbaiki kebiasaan kita kemudian hari. imbuhnya.(St)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini