Dinkes Tulungagung Bangun Labkesda Untuk Pelayanan Kesehatan Dan Penunjang Penanganan Covid-19

0
328

TULUNGAGUNG, sigap88news.com || Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo,M.M., meninjau pembangunan penambahan gedung RSUD Dr.Iskak dan gedung laboratorium kesehatan daerah (labkesda) di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Senin (2/11). Pembangunan labkes yang sudah hampir jadi tersebut diharapkan dapat menunjang pemeriksaan Covid-19.

“Dengan adanya gedung yang representatif diharapkan juga akan sebagai penunjang dalam pemeriksaan Covid-19,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, pembangunan gedung laboratorium tersebut menelan biaya Rp 1,2 miliar. Sumber pembiayaannya berasal dari dana alokasi khusus (DAK). “Per 1 Januari 2021 mendatang sudah siap untuk operasional,” sambungnya.

Drs. Maryoto Birowo, M.M., memaparkan Dinas Kesehatan sudah seharusnya memiliki laboratorium yang memadai dan representatif. Apalagi Dinas Kesehatan punya peranan yang besar dalam bidang kesehatan sebagaimana PP No. 27 tahun 2018.

“Di PP No. 27 tahun 2018 disebutkan bagaimana pun tata kelola bidang kesehatan yang punya peranan induknya di Dinas Kesehatan,” terangnya.

Bupati Maryoto Birowo juga menyebut Dinas Kesehatan di Kabupaten Tulungagung juga membawahi 32 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung. “Jadi punya cakupan lebih besar,” ucapnya.

Selain melakukan peninjauan labkes di Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Bupati Maryoto Birowo juga melakukan peninjauan pembangunan gedung baru untuk rawat inap kelas tiga di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Gedung rawat inap baru tersebut berlantai empat.

Dengan dibangunnya labkes yang representatif akan lebih menguatkan fungsi labkes untuk pemeriksaan kimia, klinis dan bakteorologis. Termasuk juga menunjang untuk pemeriksaan Covid-19. Karena bagaimana pun labkes tidak bisa lepas dari pemeriksaan penyakit menular.
Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung belum mempunyai alat RTPCR untuk pemeriksaan Covid-19. Namun demikian, alat tersebut diharapkan dapat tersedia pada awal tahun depan. (St)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini