Pesta Demokrasi Di Tengah Pandemi Covid-19

0
381

Baturaja OKU Sumsel,Sigap88news.com || Pilkada 2020 adalah pesta demokrasi pertama di Indonesia yang digelar di tengah pandemi Covid 19.

Pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 digelar hari ini, Rabu 9 Desember 2020 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan Ada perbedaan dalam prosesi pemungutan suara pada pilkada kali ini, ada sejumlah aturan khusus yang diterapkan saat warga mencoblos di TPS.

Dari hasil pantauan awak media ini di Setiap TPS Disediakan perlengkapan cuci tangan portabel atau wastafel dengan air mengalir dan sabun serta disediakan tisu kering untuk pemilih yang selesai mencuci tangan sebelum maupun sesudah mencoblos di TPS.

Dan terlihat Petugas KPPS mengenakan masker dan mengenakan sarung tangan serta mengenakan pelindung wajah (face shield) selama bertugas.

Hal ini juga dilakukan oleh Petugas KPPS TPS 02 Rt 01 Kel Kemalaraja Kec Baturaja timur Kab OKU, Terlihat Petugas TPS melakukan kegiatan nya diiringi dengan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Misalnya, setiap pemilih harus memakai masker,mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu, Bagi Pemilih yang tidak pakai masker dan tak mengenai sarung tangan Petugas Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS memberikan masker dan sarung tangan plastik kepada pemilih.

juga disediakan tisu kering untuk pemilih yang selesai mencuci tangan sebelum maupun sesudah mencoblos di TPS, Setiap pemilih yang selesai mencoblos tidak lagi mencelupkan jari ke dalam botol tinta, tetapi tintanya akan diteteskan oleh petugas.

Sejumlah aturan khusus ini diterapkan agar proses Pilkada Serentak 2020 tetap berlangsung sesuai protokol kesehat. (Hrm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini