Bupati Bojonegoro Hadiri Acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Se kecamatan Balen

0
56

Bojonegoro, sigap88news.com || Para Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Balen menjalani kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa. Rabu (16/12/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 23 Kepala Desa dan 7 unsur aparatur pemerintah desa serta instasni satu atap kurang lebih 170 undangan.

“Bupati Anna muawaroh menyampaikan Semoga Dengan tujuan meningkatan kapasitas ini yakni untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para Kepala Desa dan Perangkat Desa baru tentang pemerintahan desa.

“Tujuan selanjutnya yakni meningkatkan keterampilan peserta dalam memfasilitasi proses pengusahaan, pelaksanaan, pemberdayaan dan pelestarian program desa.

Ia melanjutkan, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan komitmen dan sikap kepedulian peserta khususnya terhadap masyarakat miskin pedesaan dan kemandirian masyarakat.
semoga kegiatan ini mampu berkontribusi meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa dalam membangun desa-desa menjadi lebih baik.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis agar betul-betul memahami tupoksi tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparatur pemerintahan desa.
Meski demikian, Bupati mengingatkan dengan semakin banyak anggaran yang dikelola desa, semakin besar resiko, oleh karenanya para aparatur pemerintahan desa diharapkan memahami aturan dan regulasi. Terutama UU Desa, termasuk turunan di bawahnya, in menjadi pedoman dalam melangkah.

Terkait dengan keuangan desa, Bupati berpesan agar masing-masing desa harus mulai inovatif mengembangkan BUMDes. Hal ini karena tahun 2021 adalah pemulihan ekonomi, desa tidak bisa mengandalkan DD ataupun ADD saja dalam menjalankan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Oleh karenanya harus mencari sumber pendapatan lain sebagai Pendapatan Asli Desa.(3s/yuk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini