Kinerja Satu Tahun, Polres Tanjung Perak Raih Penghargaan WBBM Dari Kemenpan RB

0
130

Surabaya, sigap88news.com || Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Perak memperoleh predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI).

Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini, diselenggarakan oleh Kemenpan RB secara zoom meeting atau virtual di aula Rupatama Sanika Satyawada Polres Pelabuhan Tanjung Perak Jl. Kalianget No 1 Surabaya, Senin Pagi (21/12/2020).

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., bersama Wakapolres Kompol Anggi Saputra Ibrahim, S.H., S.I.K., M.H, dan para pejabat utama (PJU) Polres Pelabuhan Tanjung Perak turut menyaksikan sejak dimulainya acara pembukaan pemberian penghargaan WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) secara virtual tersebut.

Dari arahan Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin melalui Zoom meetingnya bahwa, berdasarkan data, usulan Zona Integritas tahun 2020 mengalami kenaikan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jika pada tahun 2019 terdapat 2.246 unit kerja pelayanan yang diusulkan, dan tahun ini meningkat tajam sebanyak 3.691 unit kerja yang diusulkan untuk dievaluasi oleh Tim Penilai Nasional (TPN) yang berasal dari 70 Kementerian/Lembaga, 20 Pemerintah Provinsi, dan 161 Pemerintah Kabupaten/Kota,” tuturnya.

Dari 3.691 unit kerja tersebut, 2.570 unit kerja berhasil lolos ke tahapan evaluasi. Setelah melewati rangkaian proses evaluasi terpilihlah 763 unit kerja dengan rincian 681 unit kerja pelayanan ditetapkan sebagai WBK dan 82 unit kerja pelayanan ditetapkan sebagai WBBM.

“Nantinya melalui tahap – tahapan yang tidak mudah mulai dari penilaian internal dan eksternal, pantas atau tidak pantas untuk memperoleh predikat tersebut,” paparnya.

Setelah penilaian melalui online maka di lakukan penilaian secara langsung di lokasi secara tidak di ketahui bahwa unit layanan kerja tersebut memang sesuai standart pelayanan dan bebas dari korupsi.

Selain itu, Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin juga berharap kepada semua instansi yang ada di Indonesia turut berlomba-lomba untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM yang berjumlah 763 dan tidak bersifat permanen dan harus di lonjakan terus tiap tahunnya.

“Dan apabila unit kerja tersebut terdapat korupsi atau pungli maka di hari itu juga akan dilakukan pencabutan predikat tersebut,” tuturnya.

Tak hanya itu, wakil Presiden RI juga memberikan semangat kepada instansi yang mendapatkan predikat WBK / WBBM untuk mempertahankan serta meningkatkan sesuatu yang baik demi kemajuan Indonesia.

Pada kesempatan sama, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., mengatakan, bahwa penghargaan yang didapat tersebut merupakan buah kerja keras Personil Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang telah dimulai selama setahun ini.

“Alhamdulillah perjuangan selama setahun ini tidak berakhir sia-sia, hari ini kami mendapat penghargaan sebagai wilayah bebas dari korupsi atau WBK dan wilayah birokrasi bersih melayani atau WBBM,” ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H.

Kapolres juga menjelaskan, perolehan predikat WBK/WBBM tahun 2020 ini berkat kerja keras seluruh Anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Seperti Program SPKT Door to Door ini, dibuat untuk memudahkan warga membuat laporan kehilangan dokumen seperti KTP, KK, buku nikah, akte kelahiran dan lain-lain. Jadi dengan adanya program tersebut, maka pembuatan laporan kehilangan dokumen bisa dilakukan di rumah. Petugas SPKT Door to Door akan datang sendiri untuk membuatkan surat laporan kehilangan dokumen yang diperlukan. Dimana warga cukup menghubungi nomor 081918600000,” bebernya.

Kapolres menyampaikan rasa syukurnya karena bisa meraih penghargaan tertinggi ZI dari Kemenpan RB tersebut.

“Kami sebelumnya sudah mendapat penghargaan WBK dan sekarang ini berhasil meraih WBBM. Ini merupakan anugerah bagi kami semua, keluarga besar Polres Pelabuhan Tanjung Perak,” ujarnya.

“Tentunya kami berharap bisa terus mempertahankan predikat ZI WBK dan WBBM ini dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya. (Rosi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini