Maklumat Bersama MUI OKU Tentang Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadhan Dan Shalat Id 1442 Hijriyah.

0
515

Baturaja oku, Sigap88news.com || Hasil musyawarah bersama MUI OKU dengan Kemenag OKU, Satgas Covid , Pimpinan ponpes, dan Ormas Islam di sekretariat MUI OKU,Rabu (31/03/2021). telah mengeluarkan Maklumat Bersama tentang pelaksanaan ibadah ramadhan dan shalat idul Fitri 1442 Hijriyah/2021 Masehi.

Keluarnya Maklumat bersama tersebut berdasarkan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi terjadi Wabah Covid 19, Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiyat Takbir dan Shalat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19, serta Peraturan Bupati OKU Nomor 52 Tahun 2020 tentang Penerapan Displin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Dan terakhir hasil Rapat Bersama MUI Kabupaten OKU bersama Kemenag OKU, Satgas Covid, Ormas Islam dan Pimpinan Pondok Pesantren, Rabu, 31 Maret 2021, di Sekretariat MUI Kabupaten OKU Komplek Islamic Centre Baturaja.

Isi Maklumat bersama MEMUTUSKAN.
1. Bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya tidak ada penularan Covid-19, maka shalat berjamaah, baik shalat fardhu termasuk Shalat Jum’at dan Qiyam Ramadhan atau Tarawih bisa dilaksanakan di masjid, musholla, langgar atau tempat lainnya dengan harus melaksanakan protokol kesehatan.

2. Bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya tidak ada penularan Covid-19, maka Sholat ledul Fitri tahun 1442 Hijriyah, bisa dilaksanakan di masjid, musholla, langgar atau lapangan terbuka, dengan harus melaksanakan protokol kesehatan.

3. Adapun protokol kesehatan yang dimaksud 1 dan 2 adalah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

4. Untuk penegakan protokol kesehatan pada saat pelaksanaan sholat berjamaah, maka panitia penyelenggara ibadah/pengurus masjid diharuskan menyediakan fasilitas seperti banner himbauan prokes, alat pencuci tangan, penanda penjaga jarak dan penyediaan masker.

Isi Maklumat bersama juga memberikan HIMBAUAN.
1. Memperbanyak istighfar, bertaubat, berdoa kepada Allah dan membaca Al- Quran, zikir dan shalawat pada Nabi SAW dan amaliah-amaliah lainnya.
2. Memperkuat imun dengan cara berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan halal.
3. Umat Islam yang dalam kondisi kurang sehat agar melaksanakan ibadah di rumah secara mandiri.
4. Jamaah membawa peralatan sholat sendiri.

Maklumat tersebut dikeluarkan dengan dicap dan ditandatangani oleh Ketua MUI OKU Admiathi Somad, Kakankemenag OKU Drs.H. Ishak Putih,M.SI., Satgas Covid-19 OKU Andi Prapto, Ketua PC.NU Kab OKU Drs.KH.M. Bachori.MM., Ketua PD Muhammadiyah Kab OKU Falim Ahkam, Ketua DMI Kab OKU Dr. Ibnu Sodik, Ketua Dewan Dakwah Islam Kab OKU H.Ahmad Romadlon,Ketua BKMT Kab OKU Hj. Fauziah. S.Ag. Tertanggal 31 Maret 2021. (Hrm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini