TNI Rungkut Kawal Perayaan Hari Raya Paskah

0
90

Surabaya – Pengamanan kegiatan ibadah Jumat Agung bagi umat kristiani guna memberikan rasa aman dan khusyuk saat melakukan ritual ibadah menjadi atensi khusus dari personel Koramil 0831/05 Rungkut dan Polsek Rungkut. Dua institusi keamanan negara ini mengirimkan dua prajurit terbaiknya berstandby mengamankan prosesi ibadah tersebut.

Pantauan awak media ini pada Jumat (2/4/2021) pagi di Gereja HKBP yang beralamatkan di Jl. Medokan Asri Tengah, Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut Surabaya, personel gabungan TNI dan Polri bersiaga penuh sejak pagi hari untuk melakukan sterilisasi lokasi gereja.

Sterilisasi ini bermaksud untuk memastikan bahwa kondisi gereja dalam keadaan aman sebelum dipakai untuk melangsungkan ibadah. Sterilisasi juga dilakukan melalui pemeriksaan yang ketat, karena aparat tidak ingin kecolongan terhadap segala macam aksi yang dapat menganggu keamanan selama berlangsungnya acara.

Serda Kanthi, anggota Koramil 0831/05 Rungkut mengutarakan, pengamanan di gereja-gereja memang sengaja dilakukan pengetatan untuk mencegah aksi-aksi yang tidak diinginkan. Sebagai konsekuensinya, aparat harus datang beberapa jam sebelum dimulainya ibadah untuk memastikan bahwa keamanan dalam area gereja benar-benar siap untuk ditempati.

“Yang paling penting justru kami bisa berikan rasa aman bagi jemaat yang ingin beribadah, karena itulah tugas kami sebagai aparat keamanan,” ujar dia kepada media ini.

Dia melanjutkan, dalam pengamanan jalannya ibadah ini petugas gabungan telah menerapkan dua jenis pengamanan yaitu, bersifat terbuka maupun tertutup. Pengamanan terbuka dilakukan oleh personel beruniform lengkap dan pengamanan tertutup dijalankan oleh petugas berpakaian sipil.

“Kedua sistem itu bersinergi untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat dan jemaat gereja,” urai anak buah Danramil 0831/05 Rungkut Mayor Chb Suprianto tersebut.

Serda Kanthi memastikan, selama berlangsungnya ibadah Kebaktian aparat keamanan tidak akan pernah meninggalkan tempat, petugas gabungan TNI dan Polri menjamin rasa aman bagi pemeluk umat beragama untuk bebas melakukan rutinitas beribadahnya.

“Kami jamin rasa amannya karena kami siaga disini dari awal hingga akhir ibadah ini,” tuntasnya. (Erk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini