Tidak Tertata Menimbulkan Kesan Kumuh dan Mengurangi Estetika Kota, PKL Pasar Menjadi Perhatian

0
712

Baturaja Oku, Sigap88news.com || Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H.,Meninjau Secara langsung Kegiatan Pasar Tradisional serta memantau harga kebutuhan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah, Bertempat Di Pasar Atas Kota Baturaja Kelurahan Baturaja Lama (Jumat,09/04/2021).

Dalam kesempatan ini Plh Bupati OKU, Drs.H.Edward Candra M.H. selepas melaksanakan sholat shubuh turun langsung ke pasar atas baturaja didampingi kepala Unit pasar EMI susanti dan kasat Pol PP Agus Salim.s.sos.M.M melakukan peninjauan pasar demi untuk memberi arahan serta mensosialisasikan kepada pedagang agar dapat menggunakan fasilitas pasar dan tempat – tempat yang telah di siapkan oleh Pemkab OKU agar terlihat tertib dan rapi.

Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) menjadi perhatian tersendiri Plh Bupati OKU. Hal ini diharapkan pedagang kaki lima (PKL) untuk dapat mengikuti peraturan yang telah ditetapkan dan tidak mengganggu fasilitas umum/badan jalan sebagia media berjualan.

“Trotoar merupakan fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah bagi pejalan kaki, namun keberadaannya kini digunakan sebagai tempat berjualan pedagang kaki lima,”ujar Plh Bupati OKU.

“Para pedagang kaki lima (PKL) ini menggelar dagangan mereka secara tidak tertata, zig-zag dan seporadis sehingga menimbulkan kesan kumuh dan mengurangi estetika kota,”tambahnya.

Hal tersebut, dikatakan Plh Bupati. diakibatkan karena bercampur aduknya berbagai jenis dagangan yang berada pada satu lokasi dan tidak teraturnya jenis sarana berdagang para pedagang mulai dari gerobak, lapak dan sepeda serta luas sarana berdagang yang beraneka ragam, sehingga terjadi kesemrawutan.

Kesemrawutan ini berdampak pada para pejalan kaki yang terpaksa turun ke badan jalan untuk berjalan dikarenakan kondisi trotoar penuh sesak dengan barang dagangan,”kata Edward Plh Bupati OKU.

Selain itu, kegiatan pedagang kaki lima (PKL) juga menggunakan badan jalan untuk berjualan dikarenakan kondisi trotoar
yang telah penuh dan sesak.

Sehingga terjadi kemacetan yang
terjadi akibat badan jalan di jalan Pasar Kota Baturaja yang merupakan kawasan padat lalu lintas menyempit, terlebih lagi banyaknya kendaraan konsumen yang berhenti untuk membeli.

Dalam kesempatan itu Plh bupati OKU sempat berbincang-bincang dengan pedagang pasar, Agar membatasi aktivitas mereka sebelum pukul. 07.00 wib.

Pada kesempatan ini juga, Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., memantau stabilitas harga sejumlah bahan pangan pokok menjelang ramadhan.

Plh Bupati, juga minta dinas dan instansi terkait kiranya untuk selalu berkoordinasi dan melakukan pengawasan di lapangan terkait kenaikan harga maupun melakukan pemantaun terhadap stok dan pasokan bahan pokok dipasar.

Kalaupun terjadi kenaikan harga, kiranya bisa cepat dicari penyebabnya apakah karena stok kurang ataupun karena terkendala pendistribusiannya. Dengan begitu bisa cepat diambil alternatif solusi melalui dinas dan instansi terkait.

Selanjutnya Plh Bupati Menghimbau kepada petugas satpol pp dan dinas perhubungan agar dapat menata dan minta parkir dalam kota seraya di tertibkan lagi. (Hrm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini