SMPN 1 Tulungagung Mengikuti Festival Dalang Pelajar 2021

0
140

Tulungagung, sigap88news.com || Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Tulungagung menggelar Festival Dalang Pelajar 2021 secara virtual selama dua hari pada (7sampai dengan 8 April 2021), Dalam pelaksanaan lomba tersebut tercatat ada 14 pelajar tingkat SD/MI dan SMP/MTs negeri maupun swasta mengikuti Festival Dalang Pelajar tersebut.

Salah satu dari 14 peserta ini dari SmpN 1 Tulungagung dengan nama Frilian Tri Ardhiantara siswa kelas Vll SmpN 1 Tulungagung.

Dia mengaku membutuhkan waktu hingga satu bulan untuk persiapan tampil di festival tahun ini dengan membawakan lakon Bima Bungkus ini yang di beri waktu durasi 45 menit.

Frilian menambahkan, keahliannya ini didukung penuh oleh kedua orang tuanya maupun pihak sekolah. Beberapa kali Frilian mewakili sekolah di berbagai event.

Meskipun ada anjuran untuk tidak berkumpul selama masa pandemik Covid-19 ini , Frilian tetap belajar mandiri di rumah , tuturnya.

Salah satu juri Festival Dalang Pelajar ini , Ki Budi Plandang menjelaskan ” dalam festival ini terdapat beberapa hal yang akan dinilai, diantaranya sabetan atau gerakan wayang, antawecana atau catur serta greget atau totalitas dalam mendalang”, jelasnya.

Salah satu panitia festival Gufron mengatakan “festival ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit dalang wayang kulit potensial di Tulungagung,
festival ini juga upaya kita untuk mencari bibit-bibit dalang sejak usia dini, selain itu juga untuk diikutsertakan dalam lomba tingkat provinsi maupun nasional”, tuturnya.

Drs. Sujito selaku kepala sekolah SmpN 1 Tulungagung sangat mengapresiasi salah satu siswanya yang belum pernah bertemu sama sekali di karenakan masih masa pandemik Covid-19 ini.
“Saya sangat mengaprsiasi terhadap siswa saya yang mengikuti FDP 2021 yaitu Frilian disini saya berpesan kepada Bapak wali murid Susilo selaku orang tua dari Frilian untuk terus mendukung bakat yang dimiliki anaknya karena ibarat mempunyai berlian semoga setelah munculnya Frilian semoga akan muncul bibit dalang lagi di sekolah kami ini”, tuturnya(ar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini