Forkopimda Sampang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021

0
94

Sampang – Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz S.IK, M.Si, rabu (05/05/2021) memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 di halaman Mapolres Sampang dengan di dampingi Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dan Dandim 0828 Sampang Letkol Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum SE, M.Si.

Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 di wilayah Kabupaten Sampang diikuti ratusan personil gabungan dari TNI-POLRI dan Pemkab Sampang (Satpol PP, Dishub, BPDB, dan Dinkes).

Tampak dikursi undangan Kepala Pengadilan Negeri Sampang, perwakilan dari beberapa instansi Pemkab Sampang, perwakilan dari PT. Jasa Rahardja, tokoh ulama dan beberapa perwakilan organisasi keagamaan serta organisasi kepemudaan di Kabupaten Sampang.

Kapolres Sampang setelah penghormatan pasukan menyematan tanda pita operasi kepada perwakilan yang ditunjuk dengan di dampingi Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dan Dandim 0828 Sampang Letkol Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum SE, M.Si.

Dalam apel tersebut Kapolres Sampang membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si. AKBP Abdul Hafidz S.IK, M.Si mengatakan bahwa apel gelar pasukan Operasi Ketupat tahun 2021 yang diselenggarakan secara seluruh Indonesia mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Hari raya Idul Fitri 1442 H dirayakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Peningkatan aktifitas masyarakat akan terjadi dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra-sentra ekonomi, destinasi pariwisata serta kegiatan budaya seperti takbir keliling dan Halal bi halal. Hal ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19” amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Sampang.

Lebih lanjut lagi AKBP Abdul Hafidz mengatakan Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat 2021 yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 6 sampai tanggal 17 Mei 2021 sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan dengan memprioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si dalam amanatnya memberikan 8 penekanan kepada seluruh peserta apel gelar pasukan untuk selalu dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi Ketupat 2021 sebagai berikut :

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME
2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.
3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.
4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.
5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.
6. Mantapkan kerja sama, sinergi dan solidotas pada pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.
7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 yaitu mendudi tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.
8. Pastikan petugas frontliner telah melaksanakan program vaksinasi sebanyak 2 kali.

Kabagops Polres Sampang Kompol Roycke Hendrik F.B. S.I.P, S.IK mengatakan kepada koresponden media Tribratanews Polres Sampang mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H baik aspek personil maupul sarana prasarana.

Kompol Roycke Hendrik F.B. S.I.P, S.IK juga mengatakan bahwa tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan operasi ketupat tahun 2021 adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19. (K-Chonk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini