Kantor Desa Lubuk Leban Seperti Kuburan, Bendera Merah Putih Dibiarkan Kusam dan Sobek

0
1014

Baturaja Oku, Sigap88news || Kantor Desa Lubuk Leban Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan, tampak seperti bangunan kosong. Pasalnya, pagar dan pintu kantor seringkali dalam keadaan tertutup ketimbang terbuka melayani masyarakat.

Kantor sepi seperti kuburan ini. Membuat masyarakat Desa Lubuk Leban, kerap mengeluhkan kinerja aparat desa setempat. Lantaran kantor desa selalu lebih banyak tutup ketimbang buka, dan bekerja untuk melayani masyarakat.

Kantor desa berpagar teralis besi hitam dan berdinding Putih serta kuning, memang tampak selalu dalam keadaan tertutup dan sepi. Tidak seorang pegawai pun yang datang berkantor. Bahkan kendaraan pun tidak pernah ada yang terparkir di depan halaman kantor.

Hal ini terlihat saat Awak media sedang meliput Kunjungan Pengurus DPC LSM Geram Banten Indonesia ke kantor desa lubuk leban Kamis (29/04/2021) yang hendak mengkonfirmasi ke Pjs Kades Irmansyah soal Laporan Masyarakat perihal pengunduran diri Saharudin mantan kades lubuk leban dan keluhan masyarakat Kantor desa selalu sepi serta konfirmasi Tuntutan BPD Desa Lubuk Leban soal ketidak transparanan anggaran dana desa tahun 2020.

Saat didepan kantor desa lubuk leban
Tampak pagar kantor Desa dalam keadaan tertutup rapat dan pintu utama kantor terkunci rapat. Padahal, waktu masih menunjukan jam 10.00 wib atau jam kerja pegawai.

Dari hasil pantauan dilokasi, tampak terlihat kantor desa Lubuk Leban diduga sudah lama tidak ditunggu atau setidaknya tidak terawat.
Terbukti dari hasil pantauan dan temuan terdapat banyak sekali debu yang menempel di teras lantai dan pintu utama kantor dan terlihat tumpukan sampah bekas air mineral dan kaleng bir didalam sudut pagar tanaman didepan kantor tersebut juga terdapat beberapa pot kembang terguling serta sebagian tanaman didepan kantor tersebut rusak tidak terurus.

Tidak itu saja, Balai desa didalam lokasi areal Kantor. yang terletak di samping kantor desa terlihat banyak sekali didalamnya kotoran-kotoran kambing begitu juga didalam WC balai tersebut, terlihat juga teras samping kanan balai banyak sekali retak dan bolong serta pagar Bambu didepannya sebagian telah roboh.

Yang bikin miris dan menyedihkan, didepan kantor desa Lubuk Leban terdapat sebuah tiang bendera yang diatasnya terdapat bendera merah putih yang sudah kusam,buruk dan sobek. Diduga bendera tersebut tidak pernah diturunkan dan dirawat.

Kondisi kantor desa sepi seperti kuburan ini, infomasi didapat. terjadi semenjak pengunduran diri Saharudin dari jabatannya sebagai Kades, beredar di masyarakat pengunduran Saharudin karena derasnya tuntutan dari masyarakat dan BPD Desa Lubuk Leban mengenai ketidak transparan Anggaran dana realisasi desa Thn 2019/2020.

Salah seorang warga desa yang tinggal berdekatan dengan lokasi kantor membenarkan, jika kondisi kantor desa kerap tutup. Tidak ada pegawai termasuk Kepala Desa dan pamong desa yang masuk kantor.

“Benar kantor itu sering tutup, jarang di buka paling hari senin saja. pelayanan kepada warga juga terkendala, paling kerumah Sekdes. Saya juga tidak tahu kenapa,” ujar ibu rumah tangga ini.

Warga lain pun mengamini apa yang dikatakan ibu rumah tangga tersebut. Warga ini pun kerap melihat kondisi kantor yang selalu tertutup.

“Betul pak, memang tutup terus kantor desa ini,” ucap pria paruh baya yang sedang melintas didepan kantor desa saat di pinta konfirmasi oleh awak media.

Pengurus DPC OKU LSM Geram Banten Indonesia setelah mengetahui kantor desa dalam keadaan kosong, Tidak seorang pegawai pun yang dijumpai disana.
Bersama awak media mencoba menemui Sekretaris Desa dirumahnya untuk konfirmasi, namun sang sekdes tidak berada ditempat menurut keluarganya sekdes lagi keluar banyak pekerjaan.

“Tidak ada,sekdes lagi keluar. Dia banyak perkerjaan,”ujar seorang wanita muda dirumah sekdes.

Begitu juga dengan mantan kades Saharudin, waktu mau dikonfirmasi dirumahnya dalam keadaan kosong.

Hal yang sama juga terjadi dikantor kecamatan Sosoh Buay Rayap,waktu mau konfirmasi camat atau sekcam tidak berada ditempat. (Hrm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini