Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono Meresmikan Masjid Baitul Mu’min yang Berada di Area Mapolres Tuban

0
98

“Tubankab,sigap88news.com||” – Bupati Tuban H Fathul Huda mendampingi Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono meresmikan Masjid Baitul Mu’min yang berada di area Mapolres Tuban, Sabtu (08/05) sore.
Sebelumnya Polres Tuban sudah memiliki masjid, namun terbilang belum representatif. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 harus menerapkan protokol kesehatan, sehingga sangat kapasitasnya terbatas.
Keterbatasannya tersebut mendorong niat baik Kapolres bersama para jajarannya untuk membangun masjid yang lebih besar. Harapannya dapat menampung banyak jemaah.
Kapolres mengungkapkan, niat awal membangun masjid yang lebih besar, karena masjid yang ada tak mampu menampung banyak jemaah. Fasilitas pendukungnya, seperti toilet dan lainnya belum representatif.
“Memang betul kapasitasnya sangat terbatas terlebih ke depan personel kepolisian akan semakin bertambah, sehingga timbul keinginan untuk membangun masjid, kemudian saya rapat dengan staf dan ternyata semua berseru siap,” ungkap Ruruh dalam sambutannya.
Proses pembangunan masjid tersebut memakan waktu selama 8 bulan, mulai peletakan batu pertama hingga jadi, dan bediri megah seperti saat ini.
“Alhamdulillah akhirnya sore hari ini bertepatan dengan momen penghujung Ramadan, masjid sudah rampung dan bisa dimanfaatkan untuk anggota dan masyarakat,” tutur Pamen Polri asal Ngawi itu panjang lebar.
Ia tambahkan, di belakang masjid juga telah disiapkan pintu keluar masuk untuk masyarakat sekitar.
Ia berharap, dengan adanya masjid ini, InsyaAllah anggota Polres Tuban yang Muslim bisa lebih giat beribadah.
Sedangkan Bupati Fathul Huda menyampaikan, pihaknya mengapresiasi langkah Kapolres Tuban karena bukan hanya mementingkan kepantingannya sendiri, tetapi juga kepentingan warga sekitarnya.
“Apa yang dilakukan Pak Kapolres sangat memukau, bukan untuk intern anggotanya tetapi juga untuk kepentingan publik. Saya belum pernah ketemu Kapolres seperti Bapak Ruruh, dan Alhamdulillah di akhir jabatan saya dikelilingii oleh orang baik semuanya,” kata pria ramah asal Montong itu.
Bupati Huda juga menjelaskan bahwa Kapolres Ruruh sebelumnya telah berkomunikasi kepadanya bahwa pada Februari 2021 lalu akan pindah dari Tuban. Akan tetapi Bupati Huda belum rela melepasnya.
“Saya tidak henti-hentinya mendoakan supaya Bapak Kapolres pindahnya setelah 40 hari saya selesai diberi amanah sebagai Bupati Tuban,” jelasnya.
Menurut Huda, masjid yang dibangun sangat indah dan tempatnya juga sangat strategis, karena di sebelahnya terdapat tempat pelayanan kesehatan. Jadi pembangunan jasmani dan rohaninya berdampingan, terlebih sebelahnya dilengkapi  tempat parkir.
“Dengan itu semua sangat memudahkan masyarakat, semoga jalan beliau selalu dimudahkan Allah SWT,” harap Bupati Huda.
Pada kesempatan ini juga dilangsungkan tausiyah dari Ketua MUI Tuban KH Abdul Matin Djawahir.
Tampak hadir dalam acara peresmian tesebut Dandim 0811, Ketua DPRD Tuban, Kajari Tuban, Kemenag Tuban, sejumlah tokoh agama, serta seluruh Kapolsek yang berada di jajaran Polres Tuban. (tris/ayu)
Sumber : Media Center Tuban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini