Polres Sampang Amankan Pelaksanaan Malam Takbiran Di Wilayah Kabupaten Sampang

0
103

Sampang – Hari yang dinanti-nanti umat muslim setelah menunaikan ibadah puasa selama bulan ramadhan telah tiba, gema suara takbir terdengan di seluruh penjuru kota Sampang menandakan berakhirnya bulan ramadhan dan menjadi tanda selamat datang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1442 yang masih di dalam Pandemi Covid-19, Gubernur Jawa Timur telah mengeuarkan surat edaran Nomor : 451/1080/012.1/2021 tanggal 10 Mei tentang penyelenggaraan sholat idul fitri tahun 1442 H / 2021 M di saat Pandemi Covid-19.

Salah satu point dari surat edaran Gubernur Jatim tersebut adalah pelaksanaan malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri dalam rangka mengagungkan asma Allah SWT sesuai yang diperintahkan agama dapat dilakukan di semua Masjid dan Mushola serta meniadakan takbir keliling untuk mengantisipasi keramaian untuk mencegah penularan virus corona desease 2019.

Menindak lanjuti surat edaran Gubernur Jawa Timur, Polres Sampang dengan dukungan penuh Kodim 0828 Sampang dan Pemerintah Kabupaten Sampang sudah menyiapkan ratusan personil untuk pengamanan malam takbiran sekaligus melaksanakan kegiatan Harkamtibmas Kabupaten Sampang di malam takbiran.

Kapolres Sampang dalam arahannya dalam apel kesiapan malam takbir dalam rangka hari raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M memerintahkan seluruh peserta untuk melaksanakan pencegahan penularan Covid-19 dengan melakukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan.

“Dalam pengamanan malam takbiran mari kita sama-sama melakukan pencegahan penularan Covid-19 dengan bersama-sama melaksanakan sosialisasi serta edukasi protokol kesehatan khususnya penggunaan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan agar Kabupaten Sampang segera terbebas dari Pandemi Covid-19” kata AKBP Abdul Hafidz S.IK, M.Si saat memimpin apel kesiapan malam takbiran dengan didampingi Dandim 0828 Sampang.

Kapolres Sampang juga mengharapkan seluruh peserta apel baik TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub Kabupaten Sampang untuk melakukan pengamanan terhadap aktifitas yang dilaksanakan masyarakat Kabupaten Sampang saat malam takbiran.

Kabag Ops Polres Sampang Kompol Roycke Hendrik Fransisco B, S.I.P, S.IK mengatakan kepada koresponden media Tribratanews Polres Sampang bahwa dalam pengamanan malam takbir, Polres Sampang dengan dukungan penuh Kodim 0828 Sampang dan Pemkab Sampang akan memaksimalkan pengamanan wilayah Kabupaten Sampang khususnya wilayah kota Sampang dengan menempatkan personil gabungan di tiap-tiap simpul jalan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekaligus mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas seperti 3C (Curas, Curat dan Curanmor) selama malam takbiran.

14 Polsek jajaran Polres Sampang juga besinergi dengan stakehorder lainnya juga melaksanakan pengamanan sekaligus memberikan edukasi protokol kesehatan saat malam takbiran dengan harapan seluruh wilayah Kabupaten Sampang dalam keadaan aman kondusif serta bisa aman dari penularan dan penyebaran virus corona.

Kompol Roycke Hendrik Fransisco B, S.I.P, S.IK juga menjelaskan bahwa dalam pengamanan malam takbiran merupakan salah satu kegiatan dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 Polres Sampang.

“Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2021 diikuti 472 personil dengan rincian 341 personil Polres Sampang, 30 personil Kodim 0828 Sampang, 30 Personil Dishub, 30 personil Satpol PP, 10 personil BPBD, 12 personil Dinkes Kabupaten Sampang, 5 personil gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sampang, 4 personil unit Damkar Kabupaten Sampang dan 10 personil Saka Bhayangkara Polres Sampang” lanjut Kabag Ops Polres Sampang.

Kabag Ops Polres Sampang juga berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sampang untuk mengikuti kebijakan pemerintah dalam percepatan penanganan Pandemi Covid-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan khususnya kepatuhan akan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan / keramaian dan Mengurangi mobilitas diluar ruangan) agar Pandemi Virus Corona Desease 2019 hilang dari Kabupaten Sampang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini