Tim Penilai Lomba Posyantek Tingkat Provinsi Thn 2021 Kunjungi Desa Fajar jaya Kec Lengkiti

0
393

Baturaja oku, Sigap88news.com || Tim Penilai Lomba desa Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Tingkat Provinsi Tahun 2021 melakukan kunjungan dan verifikasi lapangan di Desa Fajar jaya Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan. Jumat (18/06/2021).

Tim diterima langsung oleh PMD OKU,Camat Lengkiti,Kepala Desa Fajar jaya, Kelompok tani dan masyarakat fajar jaya.

Perlombaan posyantekdes tingkat provinsi Tahun 2021, pemerintah desa fajar jaya mengwakili Kabupaten OKU menampilkan Alat teknologi kincir air penyiram tanaman jagung bertenaga Surya yang ramah lingkungan dan bermanfaat dikala musim kemarau hasil karya warga desa fajar jaya.

Sambutan Kades Fajar jaya Alpian Effendi menyampaikan ucapan terima kasih nya atas kehadiran tim penilai dari provinsi Sumatera Selatan dan rombongan dari PMD OKU serta pihak kecamatan Lengkiti yang telah hadir di desa fajar jaya.

Kades Alpian mengatakan sangat terharu pada saat ini, karena kami pada saat ini tidak menyangka bahwa desa kami pada tahun ini mengwakili kabupaten Ogan Komering Ulu untuk ikut di lombakan di tingkat provinsi.

“Info yang kami dapat, ada 7 kabupaten yang masuk dominasi. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak PMD OKU dan pihak Provinsi yang telah menjatukan pilihan nya kepada desa fajar jaya masuk di 7 kabupaten itu,”ucap kades Alpian.

Disampaikan kades, walaupun kami masuk di 7 kabupaten yang di lombakan, tapi Kami masih sangat butuh bimbingan dan arahannya untuk kami ke depannya. Agar dapat punya daya saing, dapat berdiri tinggi dan duduk sama rendahnya dengan desa desa lain atau kabupaten lainya yang ada di provinsi Sumatera Selatan ini.

Alat teknologi yang akan di tampilkan dalam lomba ini, adalah alat penyiram tanaman jagung bertenaga Surya yang ramah lingkungan dan bermanfaat dikala musim kemarau hasil karya warga desa fajar jaya,”ujar kades.

Camat lengkiti Yoyin Arifianto.Ap.M.si diwakili Sekretaris kecamatan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Tim penilai lomba desa dari provinsi Berserta rombongan hadir di Desa Fajar jaya.

Disampaikan sekcam, desa fajar jaya selama ini di tingkat kecamatan banyak meraih prestasi di Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, sehingga desa fajar jaya dapat mengwakili kabupaten OKU dalam perlombaan desa Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Tingkat Provinsi Tahun 2021.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab OKU diwakili oleh Kabid UEM & TTG Ermi Riza, SE. mengatakan, saat ini pemanfaatan teknologi tepat guna (TTG) Harus menjadi kebutuhan utama bagi setiap lapisan masyarakat.

Dalam upaya mengatasi kesulitan hasil produksi secara maksimal diberbagai bidang. Teknologi Tepat Guna (TTG) Adalah teknologi yang sesuai kebutuhan masyarakat dapat menjawab permasalahan, tidak merusak dan dapat di manfaatkan di lingkungan masyarakat Secara muda serta menghasilkan nilai tambah dari aspek Ekonomi.

Diharapkan penilaian Pos pelayanan teknologi tepat guna ini seluruh Desa dapat berpacu meningkatkan inovasi serta kreativitas dalam pro pemanfaatan teknologi sesuai dengan kondisi dan lokasi wisata Sumatera Selatan.

“Sudah saatnya desa memiliki satu produk unggulan yang menjadi ciri khas daerahnya,”Ucap Ermi Riza, SE.

“Kegiatan ini juga merupakan kesempatan dan ajang promosi produk unggulan desa, Kepada kepala desa di harapkan dapat memanfaatkan teknologi tepat guna tersebut,”tegasnya.

Begitu juga dengan pemerintah daerah khususnya kabupaten OKU desa fajar jaya diharapkan memberikan dukungan dengan optimalkan keberadaan masyarakat yang telah dibentuk di daerah yaitu Pos pelayanan teknologi.

Akhir sambutannya Ermi Riza mengwakili DPMD OKU menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Penilai dari Provinsi Sumsel dan semua pihak yang telah berperan Aktif dalam mendukung tersenggaranya penilaian Pos pelayanan teknologi tepat guna tingkat provinsi Tahun 2021.

Dikesempatan ini Tim Penilai lomba Tingkat Provinsi Priyo Prasetyo menyampaikan, kehadirannya Bersama rombongan dari provinsi selain untuk Sirahturami sekaligus dikesempatan ini melakukan kegiatan penilaian serta memberikan Apresiasi kepada PMD OKU, Pihak kecamatan,Pemdes dan kelompok tani serta masyarakat fajar jaya dalam mengikuti Lomba desa Posyantek tahun 2021.

Pemenang Posyantek ini, terus Priyo. Akan kita umumkan digelar TTG yang di adakan di Kab Ogan Komering Ilir (OI) yang pelaksanaannya di akhir bulan Juli.

“Sekira Diatas tgl 25, itu nanti diumumkan disana. Nanti Pak Gubernur yang akan memberikan penghargaan kepada pemenang Posyantek ini,”jelasnya.

Ditambahkan Priyo, dari 7 kabupaten yang ikut Lomba ini,kami doa nya sama, bagaimana cara nya agar kami dapat memberikan nilai yang terbaik.

“Kita sama-sama berdoa, 7 Kabupaten ini, kami amin kan semua,tapi nanti yang dikabulkan Tuhan itulah yang nanti jadi pemenang,”Tutupnya.

Selesai acara sambutan PMD OKU Bersama
kades mengajak tim penilai berserta rombongan dan tamu undangan untuk melihat secara seksama cara pembuatan dan cara kerja dari Alat teknologi kincir air penyiram tanaman jagung bertenaga Surya yang ikut di lombakan.

Kades Fajar jaya Alpian Effendi saat ditemui di kegiatan tersebut mengatakan, Harapan kami jika berkenan memenangkan lomba ini tentu kami senang dan pastinya akan berdampak baik untuk kedepannya bagi desa kami.

Untuk seluruh warga desa, ini merupakan hasil kerja sama kita semua yang tentunya didukung oleh PMD OKU, Kecamatan lengkiti khususnya pemerintah kabupaten OKU.

“Sejauh mana usaha kita yang nantinya mudah-mudahan membuahkan hasil,”tutup Alpian. (Hrm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini