Tim Penilai Kalpataru Prov Sumsel Kunjungi Pokdarwis Desa Pusar Kabupaten OKU

0
311

Baturaja oku, Sigap88news.com || Tim verifikasi dan validasi lapangan nominator Kalpataru Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021, kunjungi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bertempat di HOMESTAY (Rumah Singgah) Posko Pokdarwis desa pusar Kecamatan Baturaja barat Kabupaten OKU Provinsi Sumatera Selatan. Rabu (30/06/2021).

Tim verifikasi dan validasi lapangan nominator Kalpataru DLHP Provinsi Sumatera Selatan yang dipimpin oleh Dela Agusnaini SH berserta rombongan di sambut langsung oleh Kepala DLH Oku Novriansyah, Kadisparbud H Topan Indra Fauzi, Sekdinparbud Imron Hs, ketua BPD Pusar Garsubi, kades dan perangkat desa Pusar serta ketua Pokdarwis desa Pusar.

Kepala Desa Pusar Zainuddin dalam sambutannya menyampaikan Ucapan
Terima kasih kepada DLH OKU yang telah menunjuk Pokdarwis desa Pusar untuk ikut penilaian kalpataru tahun 2021 dan menyampaikan selamat datang kepada Tim penilai kalpataru dari DLHP Provinsi Sumatera.

Dikatakan Zainuddin, Desa Pusar selama ini kurang dikenal. Namun, akhir-akhir ini mulai dikenal karena adanya wisata Destinasi Kumbang naga yang ada di bukit katung.

“Dengan adanya penilaian Kalpataru ini, semoga lebih dikenal lagi,”ujarnya.

Pokdarwis, jelas Zainudin hanya berusaha menjaga dan melestarikan alam di tengah kota Baturaja. Yang diharapkan, kedepan dapat menunjang kehidupan.

“Penilaian diharapkan objektif. Sehingga bisa berlanjut ke tahapan selanjutnya,”tutup Zainuddin kades Pusar.

Tim Penilai Penghargaan Lingkungan Hidup, Kalpataru Provinsi Sumatera Selatan Dela Agusnaini didalam sambutannya menyampaikan, kunjungan ini dalam rangka pelaksanaan Kalpataru Tahun 2021 tentang penghargaan Kalpataru dari kementerian Lingkungan hidup.

Dikatakannya, Tim penilai mengunjungi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa pusar kecamatan Baturaja barat. Sebab, Pokdarwis menjadi salah satu peserta Penghargaan Kalpataru dengan Kategori Penyelamat Lingkungan. Kedatangan tim untuk melakukan evaluasi dan cross check kondisi lapangan dengan data yang telah dikirimkan sebelumnya.

“Didalam rangka penilaian kalpataru ini,kita akan melihat langsung, terutama kami ingin bertanya dari ketua kelompok,”ujar Dela Agusnaini.

Tim penilai ingin mengetahui, motivasi awal dari pembentukan Pokdarwis, tujuannya, kemudian manfaat yang diberikan kepada desa dan hasil atau yang ditimbulkan dalam kegiatan ini dari segi ekonomi,sosial,budaya dan lingkungan.”Tutupnya.

Setelah melakukan pertemuan di posko Pokdarwis, Tim penilai berserta rombongan didampingi BPD Pusar, Perangkat desa dan Pokdarwis. meninjau langsung wisata Destinasi Kubangan Naga Bukit Katung Desa pusar dan diteruskan Meninjau kebun labu madu milik bpk Akin marfajri dekat posko pokdarwis di bawah lereng bukit katung.

Acara kegiatan penilaian Kalpataru, dihadiri Kepala DLH Oku Novriansyah, Kadisparbud H Topan Indra Fauzi, Sekdinparbud Imron Hs, BPD Pusar, perangkat desa Pusar serta Pokdarwis desa Pusar. (Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini