Mengenal Apa Itu Teknik Proning?

0
128

BOJONEGORO, sigap88news.com || Teknik proning atau posisi prone menjadi sarana pertolongan pertama bagi orang yang mengalami sesak napas. Termasuk pasien Covid-19. Teknik proning adalah teknik menaikkan saturasi oksigen bila terjadi sesak napas. Namun, teknik proning tidak disarankan bagi orang dalam kondisi hamil, memiliki gangguan jantung, patah tulang panggul, dan memiliki trombosis vena dalam.

Ada beberapa posisi teknik proning yang bisa dilakukan secara mandiri. Perlu digarisbawahi, perpindahan antar posisi dilakukan secara perlahan-lahan.

1. Posisi tengkurap dengan durasi 30 menit.
Letakkan bantal pertama di bawa tulang leher dengan posisi kepala lebih rendah daripada badan. Lalu letakkan bantal kedua di bawah area panggul. Pada posisi bantal kedua, perut harus cukup bebas untuk membiarkan satu tangan lewat dari bawah. Sementara untuk bantal ketiga, letakkan di bawah kaki.

2. Posisi berbaring miring kanan durasi 30 menit
Letakkan bantal pertama di bawah kepala, bantal kedua di bawah pinggang, dan bantal ketiga di antara kedua kaki. Bisa juga dilakukan dengan berbaring miring ke kiri.

3. Posisi setengah duduk durasi 30 menit dan buatlah diri senyaman mungkin. (Tris/ayu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini