Anggaran Fisik SILPA DD 2019 Desa Afulu Fiktif

0
170

Nias Utara Sumatera Utara, Sigap88news.com ||  Pada hari Jumat 13 Agustus 2021.Tim dari Kabupaten Nias Utara, inspektorat dan Dinas PMD Melakukan Klarifikasi terkait Temuan pihak Inspektorat pada Anggaran SiLPA Dana Desa Afulu TA.2019 yang telah di audit pada 23 Juni 2021 yang lalu.

Berdasarkan Surat Tugas Inspektur Kabupaten Nias Utara Nomor 412.21472/DPMDII/VI/2021 tanggal 23 Juni 2021, tim telah melakukan Pemeriksaan dan Klarifikasi atas Pengaduan BPD Desa Afulu Kecamatan Afulu terhadap Pengelolaan Dana SILPA TA 2019,

Dimana Penggunaan Dana SILPA TA 2019 yang dilaksanakan pada TA 2020 dengan anggaran sebesar Rp. 584.483 200,- tidak sesuai dengan realisasi fisik di lapangan”Menurut laporan BPD”

Setelah di lakukan pemeriksaan oleh pihak inspektorat Nias Utara Pada Pengelolaan Dana SILPA TA 2019 oleh Pemerintah Desa Afulu yang dialokasikan pada Pembangunan Bronjong dan Dwiker Plat terdapat kekurangan volume pekerjaan, bahan material dan kekurangan dokumen pertanggungjawaban sehingga menemukan kerugian negara dengan nilai sebesar
Rp.221.719.200,

Mariyus Waruwu, SH Tim Pemeriksa dari Inspektorat menyampaikan bahwa.Hasil audit tim dari inspektorat sudah kami laporkan kepada Bupati Nias Utara,dan juga kepada Dinas PMD Nias Utara untuk di lakukan pembinaan terhadap Kepala Desa Afulu.

Dengan Laporan hasil Audit Inspektorat tersebut, Bupati Nias Utara menerbitkan surat teguran yang ditujukan kepada Nama IDHAM SALEM ZALUKHU dengan Jabatan Kepala Desa Afulu Kecamatan Afulu.
Surat teguran tersebut berdasarkan Hasil klarifikasi yang telah dilaksanakan oleh Dinas PMD Kabupaten Nias Utara tanggal 09 Juni 2021,

Dengan Nomor 700/29/REK-KASUS/ITDA/2021 tanggal 30 Juli 2021 perihal Rekomendasi Hasil Pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas Pengaduan BPD Desa Atulu terhadap Pengelolaan SILPA TA 2019 Desa Afulu Untuk itu disampaikan kepada IDHAM SALEM ZALUKHU Jabatan Kepala Desa Afulu Kecamatan Afulu.

Dimana dalam surat teguran dimaksud menyatakan bahwa
“Kepala Desa Afulu belum melaksanakan kewajiban sebagaimana tersebut diatas dalam melaksanakan tugas-tugas pengelolaan keuangan Desa TA. 2020.”

Dalam Surat Bupati Nias Utara, memberikan waktu kepada kepala Desa Afulu untuk segera mengerjakan pekerjaan kekurangan volume pada pekerjaan pembangunan bronjong dan Dwiker plat sesuai dengan RAB dan Gambar Desain serta melengkapi kekurangan dokumen pertanggungjawaban

Ketegasan Bupati dalam surat teguran itu Tertulis Apabila kepala Desa Afulu tidak dapat melaksanakan hal tersebut,maka diminta dan diperintahkan untuk segera mengembalikan uang ke Rekening Kas Desa Afulu senilai Rp. 221.719.200 (dua ratus dua puluh satu juta tujuh ratus sembilan belas ribu dua ratus.

Bupati Nias Utara memberikan kesempatan Kepada kades Afulu,dalam jangka waktu untuk menindaklanjuti teguran tertulis paling lambat tanggal 11 Agustus 2021.

Kemudian dalam surat tersebut tertulis ketegasan Bupati menyampaikan, Apa bila tidak mengindahkan teguran maka diberikan sanksi administratif yang lebih tinggi berupa pemberhentian sementara atau pemberhentian dari jabatan Kepala Desa Afulu sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan tidak ada tindaklanjut dari kepala Desa Afulu sesuai dengan surat teguran yang di sampaikan oleh Bupati Nias Utara.Maka Tim dari Dinas PMD dan Tim dari inspektorat kabupaten Nias Utara turun ke Desa Afulu dan langsung melakukan pemeriksaan fisik yang di duga fiktif tersebut.

Sesuai dengan hasil pantauan di lapangan ternyata benar tidak ada fisik Dwiker Pla dan tidak ada penambahan kegiatan pada kekurangan Bronjong.
Sehingga pihak inspektorat dan Dinas PMD saat itu berpendapat bahwa kepala Desa Afulu tidak menghargai serta mengindahkan teguran dari Bupati Nias Utara dan pantas menerima sanksi secara peraturan dan perundang undangan yang berlaku

Okilisa Zalukhu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini