Warga RW 01 Kemalaraja Gotong Royong Bersihkan Sampah, Berharap ada Bantuan Kotak Sampah

0
312

Baturaja Oku, Sigap88news.com || Warga RT 01 dan 02 RW 01 Kel Kemalaraja, Kec Baturaja timur, kabupaten OKU Melakukan giat gotong royong membersihkan daerah bantalan aliran sungai Ogan, bertempat di wilayah RT 01, Minggu (24/10/2021).

Kegiatan pembersihan ini dimulai dari pukul. 07.00 Wib sampai dengan pukul 11.00 Wib dengan melibatkan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Al Khairat dan terbangan kemalaraja Serta tokoh masyarakat setempat.

Ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Kemalaraja Iskandar mengatakan, Pembersihan di bantalan aliran sungai Ogan ini untuk mengangkat sampah sampah yang telah lama menumpuk yang bisa akan menyebabkan mengeluarkan bau tak sedap dan dapat mengakibatkan sumber penyakit, pembersihan ini dilakukan oleh warga dengan menggunakan alat seadanya.

Terusnya, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semoga dapat akan menimbulkan kesadaran bagi warga akan pentingnya kebersihan dan agar tidak lagi membuang sampah ditempat tersebut, pengentasan masalah sampah di wilayah RT 01 akan sia-sia jika warga kurang peduli dengan lingkungannya.

“Saya berharap dan menghimbau agar masyarakat jangan buang Sampah di sekitar sini lagi, nanti kita siapkan untuk membuang sampah di tempat sampah yang kita siapkan di depan.”ujarnya.

Untuk anggaran kegiatan gotong royong pembersihan yang dilakukan pada pagi hari ini, Iskandar mengatakan. kita belum ada anggran, di utamakan untuk sementara masyarakat bersama-sama bergotong royong untuk memberikan makanan dan minuman.

Meski sama sekali tidak dibantu anggaran pemerintah daerah, tapi murni atas swadaya masyarakat, mereka rela turun membantu. Sekarang lokasi tampak lebih bersih dari sebelumnya,”Tambah Iskandar.

Dikesempatan ini ketua RW 01 melalui Ketua RT 01 Iskandar didampingi ketua Irma masjid Al Khairat Kemalaraja Dodi Pratama menyampaikan harapannya untuk pemerintah agar kiranya dapat membantu lingkungan RT 01 dan 02 disediakan tempat sampah seperti kota/tong sampah.

Selain pembersihan bantalan sungai Ogan dari sampah, Warga bersama Irma Masjid Al Khairat Kemalaraja melakukan pemasangan spanduk himbauan dan penanaman bermacam bibit batang pohon dibantalan sungai Ogan bantuan dari Komunitas Pohon Indonesia (KPI) Kabupaten OKU.

Untuk diketahui, didalam berapa bulan ini disetiap hari Minggu pagi, warga RT 01 dan 02 RW 01 sedang giat-giatnya melakukan Gotong Royong pembersihan kampung dari sampah dan berusaha untuk menciptakan kampung sehat. (Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini