Pemdes Pusar Gelar Festival Kesenian menyambut Piala Kalpataru 2021 Tk Prov Sumsel

0
154

Baturaja Oku, Sigap88news.com || Pemerintah desa pusar melalui kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menerima piala kalpataru tahun 2021 tingkat provinsi Sumsel dalam kategori Penyelamat Lingkungan dari Gubernur Sumsel H. Herman Deru, bertempat di Halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Prov Sumsel. Sabtu (06/11) lalu.

Terkait dengan hal ini, pemerintah desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengadakan Festival Kesenian dalam rangka menyambut Piala Kalpataru Tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan di tanah lapang depan Kantor desa Pusar dengan Menampilkan Kesenian Hadra dan Burdah yang dibawakan oleh Ibu – ibu PKK dan Ibu – Ibu Tunas Muda desa pusar Al Maghfiro.

Selain itu festival kesenian ini juga menyajikan hasil kerajinan tangan hasil karya warga masyarakat desa pusar.

Kegiatan festival ini dihadiri oleh Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., berserta rombongan Forkopimda OKU, Kehadiran Plh Bupati OKU berserta rombongan disambut langsung oleh Kepala desa pusar Zainuddin berserta staf dan ketua BPD Pusar Garsubi berserta pengurus lainnya serta ketua Pokdarwis desa pusar dan Group terbangan Tunas Muda Al – Maghfiro Desa pusar.

Kepala desa Pusar Zainuddin didalam sambutannya menyampaikan, Festival kesenian yang kita selenggarakan Hari ini Adalah Salah Satu Bentuk Mewujudkan rasa sukacita kita dalam menyambut Piagam Penghargaan dan Piala Kalpataru Tingkat Provinsi Sumsel dalam Kategori Penyelamat Lingkungan Pada tgl 6 November 2021 yang lalu oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru bertempat di Halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan.

“Pemdes Pusar melalui kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bukit Katung desa pusar telah dianugerahi Piagam Penghargaan Dan Piala Kalpataru.”Ujar Zainuddin.

Terus Zainuddin, Atas telah diraihnya penghargaan dan piala kalpataru ini, saya menyampaikan terima kasih dan Apresiasi yang setinggi-tingginya Kepada Pokdarwis desa pusar dan karang taruna purnama desa pusar serta segenap lapisan masyarakat desa pusar yang telah memberikan dukungan sehingga perjuangan kelompok Sadar Wisata Pokdarwis bukit Katung desa pusar dan Karang Taruna Desa pusar dalam menjaga kelestarian lingkungan di desa kita.

Juga kepada pihak dinas lingkungan hidup kabupaten OKU, khususnya melalui bpk Brigman dan ibu Yulpita yang tak kenal lelah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada Pokdarwis dan Karang Taruna.

Tentu saja dukungan dari bapak Plh Bupati OKU dan jajaran sangat berpengaruh, terutama dalam hal pembinaan langsung serta penganggaran pembangunan di desa pusar melalui APBD Kabupaten OKU, Provinsi bahkan APBN.

Selaras dengan kegiatan menjaga kelestarian alam, keindahan alam bukit Katung dan desa pusar yang saat ini kita nikmati masih berupa pontensi yang menunggu untuk kita kelola dan manfaatkan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini pula kades Zainuddin menyampaikan laporan kepada bapak Plh Bupati serta  Bpk kepala dinas Pariwisata OKU, bahwa desa pusar saat ini masih berproses menjadi satu-satunya utusan kabupaten OKU dalam mengikuti Lomba desa Wisata Tingkat Provinsi.

” Kami masyarakat desa pusar tentu sangat berharap bimbingan, Arahan dan Bantuan Pemerintah Kabupaten OKU dalam membangun Sumberdaya Manusia dan Fasilitas Wisata sehingga dapat menjadi pemenang pada tahun ini dan pada tahun Selanjutnya, dapat menjadi kebanggaan kabupaten OKU dalam berkompetisi dilomba desa wisata tingkat Nasional.”tutup Kades Pusar Zainuddin.

Dikesempatan ini, Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., menyampaiksn, keberhasilan meraih Piala Kalpataru tingkat Propinsi Sumatera Selatan oleh Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Pusar merupakan bentuk penghargaan dari Pemerintah Propinsi Sumsel atas kepedulian masyarakatnya dalam menjaga kelestarian alam di sekitar.

Keberhasilan ini sudah pasti merupakan hasil kerja keras dan buah karya dari kebersamaan masyarakat Desa Pusar, serta bukti nyata dari komitmen sebagian warga desa yang didukung penuh oleh Pemerintahan Desa Pusar untuk menjaga lingkungan alam dan menciptakan suasana alam melalui kreativitas membangun wisata alam di lingkungan desa tanpa merusak lingkungan yang ada.

Dikatakan Edward Candra, Piala Kalpataru ini sesungguhnya bukanlah tujuan utama dan akhir dari langkah kita Pemerintah bersama semua masyarakat OKU untuk menjadikan hutan dan taman wisata bukit katung menjadi obyek wisata di Desa Pusar agar lebih bersih dan lebih tertata.

“Mari jadikan keberhasilan meraih Piala Kalpataru ini sebagai titik awal untuk membenahi tata kelola kawasan hutan taman wisata bukit katung beserta seluruh obyek wisata yang ada dalam wilayah Kabupaten OKU supaya menjadi lebih baik lagi.”Tutup Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Piala Kalpataru oleh Plh Bupati OKU kepada Kepala Desa Pusar dan sekaligus Penyerahan Piala Adiwiyata Kepada Kepala Sekolah SMPN 32 Baturaja OKU.

Dan diteruskan mengunjungi melihat hasil kerajinan tangan yang dibuat sendiri oleh warga masyarakat desa pusar.  (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini