Kepsek SDN 16 OKU : Setiap Penggunaan Dana BOS Pertahunnya Selalu Di Audit Oleh Instansi Terkait

0
243

Baturaja Oku, Sigap88news.com || Dalam rangka Hari Guru Nasional beberapa Awak media (Sigap88news, MediaPatriot, Targetnews, Cahaya Baru dan Potrepristiwa) Kabupaten OKU melakukan Silaturahmi ke kepala sekolah Dasar (SD) Negeri 16 OKU Ibu Eliza S.Pd. bertempat di Ruangan Kepsek SDN 16 OKU, Selasa (30/11/2021).

Kehadiran para awak media selain mengucapkan Selamat hari Guru juga melakukan wawancara mengenai kemajuan sekolah selama dipimpin dan menanyakan adanya isu yang berkembang mengenai penyalahgunaan dana BOS.

Kepala sekolah SDN 16 OKU Eliza S.Pd., menyampaikan bantahan mengenai kabar penyalahgunaan dana BOS. dijelaskannya, Untuk dana BOS Pemerintah mewajibkan Harus memakai Rekening Sekolah tidak bisa ke rekening pribadi.

“Untuk dana BOS itu tidak bisa dikirim ke rekening pribadi, harus ke rekening sekolah yang bersangkutan,”Jelasnya.

Sambungnya, penggunaan dana Bos tersebut disekolah kami sudah sesuai Juklak dan Juknis, seperti pada tahun 2019 – 2020 bahwa kami telah membangun kantin, WC guru dan siswa serta pembuatan papling blok untuk halaman upacara, Semua sesuai dengan hasil musyawarah kita yang kita ajuhkan.

Menjawab adanya pihak sekolah melakukan transfer sejumlah uang ke rekening pribadi milik salah satu rumah makan di wilayah Baturaja, kepsek SDN 16 OKU Eliza S.Pd., membenarkan hal itu.

Dikatakan oleh Eliza, Pihak kita mentransfer ke rekening pribadi ke pemilik rumah makan dikarenakan kita sudah ada sistem nol rupiah, jadi seluruh pembayaran apapun harus melalu rekening, jadi saya minta rekening salah satu pengelola rumah makan tersebut untuk pembayaran konsumsi kami beberapa kali acara.

“Bukti transfer itulah yang kami jadikan dokumen sebagai bukti pertanggung jawaban kami dalam pemakaian dana.”Ujar Kepsek SDN 16 OKU yang Menjabat sejak Mei 2018.

Ditambahkannya, untuk diketahui. bahwa setiap penggunaan dana BOS itu pertahunnya selalu di audit oleh instansi terkait, terutama Inspektorat, bila ada kesalahan dalam laporan pertanggungjawaban, maka sudah pasti kami tidak akan bisa dapat mencairkan dana untuk selanjutnya, maka dari itu bila dana kami masih terus turun, berarti kami telah lolos dalam pengauditan oleh instansi terkait.”Tutupnya.

Dikesempatan ini juga kepsek SDN 16 OKU Eliza S.Pd., menunjukkan kepada para awak media pembangunan Kantin sekolah dan WC  guru serta siswa juga papling Blok dihalaman Upacara sekolah tersebut.   (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini