Matadewa Bentuk Generasi Sadar Peran, Gelar Latihan Pengabdian

0
71

Banten, sigap88news.com || Mahasiswa Taktis Demokrasi Wanasalam (MATADEWA) menggelar Latihan Pengabdian Jilid I, bertempat di Aula Kantor Desa Bejod, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten. Acara ini diselenggarakan mulai Jum’at hingga Minggu (24 – 26 Desember 2021).

Kegiatan yang bertema ‘Membentuk Generasi yang Sadar Akan Peran dan Berkontribusi Bagi Tanah Kelahiran’ ini diikuti oleh puluhan anggota Matadewa yang berasal dari wilayah Kecamatan Wanasalam.

Ketua Umum Matadewa, Repi Rizali mengatakan, kegiatan yang akan dijadikan agenda tahunan ini dalam pelaksanaannya semua merupakan peserta dan bersama-sama mendengarkan materi yang disampaikan tutor. Semuanya adalah calon pengabdi baik anggota baru maupun anggota lama.

“Sesuai dengan tema, tujuannya untuk mencetak generasi Wanasalam yang sadar akan perannya sebagai mahasiswa dan juga ketika mereka sudah sadar diharapkan bisa berkontribusi untuk Wanasalam,” kata Repi Rizali, Sabtu (25/12/2021).

Diakui Repi, para peserta begitu antusias dan datang tepat waktu. Ada 7 materi dan nara sumber dari berbagai kalangan dalam acara tersebut.

“Untuk pemateri itu dari organisatoris, dan Alhamdulillah pemerintah Desa Bejod support penuh hingga mengijinkan tempat untuk dipakai kegiatan,” kata Repi.

Selain itu, lanjut Repi, Matadewa yang berdiri pada 21 September tahun 2020 dan sekretariat di Desa Cikeusik Kecamatan Wanasalam, siap menyambut industri 5.0.

“Kita siapkan generasi melek teknologi dengan adanya perpustakaan digital, les bahasa Inggris, Arab dan Korea, dan programmer termasuk website melalui wadah Matadewa Clas,” ungkapnya.

Repi berharap agar para mahasiswa di kecamatan Wanasalam bisa bersilaturahmi satu sama lain, agar bisa tukar pikiran dan gagasan.

“Setiap orang memiliki ide dan gagasan yang berbeda. Itulah pentingnya kita silaturahmi dan diskusi untuk mencari solusi terbaik. Intinya saya ingin keberadaan Matadewa bisa memberikan manfaat untuk semua,” tuturnya.

Via Novianti mahasiswi semester III STIKES Salsabila Serang, salah satu peserta pelatihan mengaku senang dan sangat bermanfaat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Matadewa tersebut

“Senang bisa menambah pergaulan, menambah teman sekaligus mengasah wawasan, karena kita berdiskusi bertukar pendapat, dan bisa bertanya pada yang lebih memahami,” ujar Novi.

Sementara, Usep Setiana, salah seorang tokoh generasi muda di Lebak selatan mengapresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan Matadewa tersebut.

“Saya turut menghadiri kegiatan itu, kebetulan diundang juga oleh Matadewa. Saya sangat mengapresiasi teman-teman. Ini adalah langkah nyata dalam upaya membentuk karakter kader yang inovatif serta mampu memberikan kontribusi minimal untuk lingkungannya sendiri,” ungkapnya. (R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini