Pengurus DPK PABPDSI Kecamatan Cihara Resmi Dilantik, BPD Harus Profesional dan Bermartabat

0
109

Banten, sigap88news.com || Pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak masa bhakti 2021-2027 resmi dilantik. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Korwil/UPTD Pendidikan Kecamatan Cihara pada Senin (27/12/2021)

Acara pelantikan pengurus PABPDSI yang mengambil tema “Mempertegas Posisi BPD yang Profesional, Bermartabat dan Sejahtera Menuju Good Government Desa” ini dihadiri oleh Ketua Umum PABPDSI Kabupaten Lebak Saepulloh, wakil ketua Amirulloh beserta jajaran pengurus lainnya, Camat Cihara Drs Asep Kusnandar, Sekretaris Kecamatan Cihara Usep SAS, Ketua APDESI Kecamatan Cihara Hambali, Dewan Pakar PABPDSI Cihara, Jaya SH, dan Ketua MUI Kecamatan Cihara, H Jajuli.

H Sanen Nugraha, Ketua DPK PABPDSI Kecamatan Cihara yang baru dilantik mengucapkan terima kasih kepada anggota BPD yang telah memberikan kepercayaan kepadanya. Ia pun akan segera menjalankan tugas yang diembannya sebagai ketua DPK PABPDSI. “Akan konsolidasi dan sosialisasi terhadap anggota-anggota BPD se-Kecamatan Cihara tentang ke-BPD-an dimana bahwa memang anggota BPD di Kecamatan Cihara sementara ini masih banyak yang belum memahami tugas dan fungsi BPD, harus ada semacam pelatihan-pelatihan bagi anggota BPD,” kata H Sanen.

Ketua DPK PABPDSI Cihara ini juga berharap kedepan BPD dan Prades di Kecamatan Cihara bisa saling memahami peran masing-masing, agar roda pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik.

“Adanya kerjasama yang baik antara BPD dengan perangkat desa, dan ada peningkatan kesejahteraan tentunya,” ujar H Sanen.

Sementara, Ketua Umum PABPDSI Kabupaten Lebak, Saepulloh menegaskan bahwa terbentuknya kepengurusan tingkat kecamatan merupakan amanat Rakerda untuk mendorong agar ada sinergitas antara pemerintah desa dengan BPD. Sedangkan tujuan adanya PABPDSI itu sendiri untuk mempertegas posisi BPD yang lebih profesional, bermartabat dan sejahtera serta meningkatkan kapasitas BPD.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota BPD tanpa kecuali baik itu ketua, wakil ketua ataupun unsur pimpinan agar menjalankan tugas dan fungsi BPD di masing-masing desa sesuai dengan tuntutan peraturan perundang-undangan. BPD harus berperan aktif dan memahami segala aturan dan regulasi agar BPD berjalan dalam koridornya sehingga kehadiran BPD benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Saepulloh.

Selain itu, Saepulloh juga berharap agar unsur pimpinan BPD tidak memanfaatkan jabatannya demi kepentingan pribadi.

“Saya berharap khusus kepada para ketua atau pimpinan di desa masing-masing agar tidak mengambil keputusan mengatasnamakan BPD tanpa ada pembahasan melalui rapat anggota BPD itu sendiri. Juga lebih khusus kepada para ketua BPD di masing-masing desa harus prinsip kemandirian tidak dikendalikan oleh pihak desa sehingga dapat menjalankan amanah sebagai pengemban tugas yang telah diberikan oleh masyarakat, karena BPD merupakan mitra sejajar dengan kepala desa yang sama-sama mempunyai tanggung jawab dengan sesuai tugas, peran, dan fungsinya masing-masing.

Diketahui, selesai acara pelantikan dilanjukan degan sosialisasi manfaat program BPJS ketenagakerjaan kepada BPD dan RT RW se-Kecamatan Cihara sekaligus secara simbolis penyerahan kartu BPJS ketenagakerjaan bagi anggota BPD, oleh H Uci Sanusi, selaku salah satu pejabat dari kantor BPJS Serang. (AR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini