Putusan PTUN Serang Batalkan Penetapan Calon Kades dan DPT Pilkades Darmasari

0
151

Banten, sigap88news.com || Gugatan yang dilakukan kandidat bakal calon Kepala Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Banten, Juhani yang tidak diloloskan pihak panitia Pilkades Desa Darmasari, dan berbuntut gugatan ke PTUN Serang, sehingga pelaksanaan Pilkades di desa tersebut harus ditunda, kini sudah ada kejelasan.

Setelah hampir 3 bulan berlalu, akhirnya pada hari Kamis tanggal 30/12/2021 PTUN Serang mengeluarkan putusan membatalkan penetapan 4 calon dan DPT Pilkades Desa Darmasari, yang mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya, seperti tertuang dalam amar putusan PTUN Serang

“Amar putusan MENGADILI:

Dalam Penundaan

• Menguatkan Penetapan Penundaan Nomor: 60/G/2021/PTUN.SRG/ tanggal 18 Oktober 2021;

Dalam Eksepsi:

• Menyatakan eksepsi Tergugat tidak diterîma;

Dalam Pokok Sengketa.

1. Mengabulkan Gugatan
Penggugat untuk seluruhnya;
2. Menyatakan batal Surat
Keputusan Tergugat berupa Berita Acara Penetapan Calon Kepala Desa dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Desa Darmasari Kecamatan Bayah Tahun 2021 Nomor: 140/05-PAN Dms/2021 tanggal 24 Agustus 2021 beserta lampirannya.

3. Mewajibkan Tergugat untuk mencabut Surat Keputusan berupa Berita Acara Penetapan Calon Kepala Desa dan
Penetapan Daftar Pemilih,Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Desa Darmasari Kecamatan Bayah Tahun 2021 Nomor: 140/05-PAN Dms/2021 tanggal 24 Agustus 2021 beserta lampirannya;
4. Menghukum Tergugat untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp. 511.000/00- (lima ratus sebelas ribu rupiah).

Juhani, Penggugat yang tidak diloloskan menjadi calon Kepala Desa Darmasari saat ditemui wartawan mengatakan rasa syukurnya dan terima kasihnya.

“Saya merasa bersyukur dengan apa yang di putuskan oleh PTUN Serang, keadilan masih ada dan apa yang di perjuangkan oleh saya berhasil. Intinya kebenaran ahirnya terlihat dan kebuka, sehingga putusan PTUN Serang mengabulkan seluruh gugatan yang kami ajukan, sehingga membatalkan penetapan calon dan DPT di Pilkades Desa Darmasari di batalkan,” ucapnya.

“Saya ucapkan terimakasih juga pada semua Tim baik Tim pengacara, dan tim yang mendampingi saya dalam proses gugatan ke PTUN. Alhamdulilah putusannya sudah inkrah dan tinggal menunggu salinannya, selambatnya pada tanggal 18 Januari 2022,” tutur Juhani.

“Kita tinggal tunggu kabar baru terkait rencana Pilkades di Darmasari apakah akan dilaksanakan serentak lagi di tahun 2022 bersama desa yang lainya atau ada keputusan lain yang akan dilakukan pihak Kabupaten,” imbuh Juhani.

Sementara itu Panitia Pilkades Kabupaten Lebak yakni Asda 1 Alkadri saat dihubungi wartawan melalui sambungan WhatsApp mengatakan menghormati putusan pengadilan tersebut.

“Tentu kami menghormati putusan pengadilan. Namun kami menyerahkan sepenuhnya kepada Panitia Pemilihan tingkat Desa yang digugat. Apakah menerima atau mau melakukan banding. Biar mereka yang menyikapinya. Karena banding juga merupakan bagian dari upaya hukum Untuk mencari keadilan,” ujarnya.

Diinformasikan sebelumnya, pada tanggal 5 Oktober 2021 pihak Juhani mengajukan berkas perkara gugatan di PTUN Serang sehingga terjadi beberapa kali sidang. Dilain pihak, pada 24 Oktober 2021, waktu itu Panitia Pilkades tetap melakukan penetapan 4 empat calon Kepala Desa Darmasari.

Hingga berita ini ditulis Panitia Pilkades Desa Darmasari belum bisa dikonfirmasi untuk diminta tanggapannya terkait putusan PTUN Serang. (AR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini