Jelang Muswil IKA PMII Jatim, Dr. Mubarok: Harus Mampu Menjawab Progresivitas Zaman

0
149

Surabaya – Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jawa Timur bakal punya gawe penting yaitu menyenggarakan musyawarah wilayah (muswil). Muswil tersebut mempunyai fungsi strategis untuk merumuskan kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan oleh pengurus terpilih untuk waktu 4 sampai 5 tahun ke depan.

Selain itu ajang gelaran muswil bakal menjadi sarana membentuk kepengurusan periode baru. Dr. Moch. Mubarok Muharam mengemukakan, spirit muswil harusnya mampu merumuskan ide dan gagasan kreatif untuk menjawab tantangan di tengah progresivitas zaman.

“IKA PMII harus dapat merumuskan kebijakan organisasi yang sesuai dengan tantangan-tantangan di masa mendatang,” ucap mantan ketum PMII Surabaya itu.

“Agar dapat mengetahui tantangan di masa mendatang, IKA PMII harus outward looking, harus membandingkan dirinya dengan organisasi atau pihak lain,” imbuh Kang Barok, sapaan akrab eks aktivis mahasiswa di era ’90-an itu.

Jika mengkomparasi dengan organisasi lainnya, IKA PMII bakal mengetahui posisi dan jati dirinya dalam kehidupan publik. “Apakah sekarang alumni PMII sudah berperan dan mempunyai kontribusi dalam kehidupan publik? pertanyaan tersebut yang harus dijawab dalam muswil nanti,” beber doktor ilmu politik almamater Unair tersebut.

Barok pun berharap momentum muswil IKA PMII Jatim akan mampu mengakomodasi sekaligus mengembangkan potensi alumni dengan seabrek dan beraneka karakter yang majemuk.

“Ini momentum yang tepat agar IKA PMII Jatim lebih banyak berkiprah mengembangkan potensi yang ada,” harap Barok. (Rik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini