Pemkab Bersama DPMD Bojonegoro Gelar Anugerah Lomba Video Kreatif Cover Lagu Nglenyer

0
40

Bojonegoro, sigap88news.com || Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengadakan Malam Gelar Anugerah Lomba Video Kreatif Cover Lagu Nglenyer di Hotel Dewarna, Jalan Veteran, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (13/1/2022).

Malam penganugerahan dihadiri oleh Bupati Bojonegoro beserta suami, Forkopimda, Jajaran Asisten beserta Staf Ahli, Kepala OPD terkait, Camat se-Kabupaten Bojonegoro, dan 52 kepala desa nominator video terbaik. Selain itu, turut dihadiri oleh dewan juri beserta tenaga ahli P3MD Bojonegoro. Dan diikuti oleh seluruh kades se-Kabupaten Bojonegoro melalui live streaming Youtube Pemkab Bojonegoro.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bojonegoro Djoko Lukito dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan Lomba Video Kreatif Cover Lagu Nglenyer berdasarkan Pasal 113 Huruf G Undang-Undang Nomer 6 Tahun 2014 tentang Desa. Bahwa, dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah desa, pemerintah daerah kabupaten, memberikan penghargaan atas prestasi yang dilaksanakan dalam penyelenggaraan pemerintah desa.

“Tujuan kegiatan untuk mempersiapkan peserta lomba video kreatif tingkat Provinsi Jawa Timur dengan tema yang diselaraskan dengan pelaksanaan infrastruktur jalan di Kabupaten Bojonegoro yang saat ini telah menunjukkan hasil yang dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat. Serta untuk menggali kemampuan berkreasi dan kreatifitas desa/kelurahan. Sekaligus menjadi upaya publikasi secara optimal atas pelaksanaan pembangunan infrastruktur di desa,” jelas Djoko.

Masih dalam laporannya, peserta lomba yang mendaftar sebanyak 235 desa/kelurahan. Terdiri dari 224 desa dan 11 kelurahan dari 26 kecamatan. Adapun dewan juri dalam kegiatan lomba video kreatif yaitu unsur pencipta lagu Anna Moe, unsur seniman lokal Didik Wahyudi (Ketua Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kab. Bojonegoro), Danang Rudy Purnomo (Praktisi Profesional Juara Harapan Tingkat Nasional Lomba Film Pendek asal Kecamatan Margomulyo), unsur OPD M. Imam Affan (Kabid Pembangunan dan Kerjasama Desa/Kelurahan dan TTG DPMD Kabupaten Bojonegoro).

“Penilaian Lomba Cover Lagu Nglenyer meliputi kreatifitas dan keunikan, musikalitas dan interaksi penonton,” imbuhnya.

Dari 235 peserta, terjaring 52 nominasi video terbaik dan terpilih 9 video terbaik meliputi tiga kategori. Di antaranya, Kategori Video Kreatif Terbaik, Kategori Musikalitas Terbaik, dan Kategori Interaksi Penonton Terbaik. Malam anugerah dibuka dengan persembahan Tari Srampat yang dibawakan oleh Duta Tari dibawah binaan Dinas Pariwisata Kabupaten Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutannya mengatakan, lomba video cover untuk mendorong sektor ekonomi kreatif. Sebab, era berbicara mengenai 5.0, Satu Data, SPBE dan LPSE semua berbasis digital.

Lanjut Bupati, beberapa sektor ekonomi berbasis digital saat ini di antaranya mulai dari marketing digital, meeting digital, ekonomi digital dan signature digital. Nantinya, pemenang dan nominator akan mendapatkan dana insentif desa/kelurahan berasal dari APBD Kabupaten Bojonegoro.

“Juara 1 akan mendapatkan Rp100 juta, Juara 2 mendapatkan Rp75 juta, Juara 3 mendapatkan Rp50 juta. Sementara 52 besar desa nominator dikurang 9 pemenang, berarti 43 desa yang mendaftar sebelum tanggal 18 Desember, dipukul rata akan mendapatkan kurang lebih Rp30 juta dan akan digunakan untuk ekonomi kreatif,” tandas Bupati Anna.

Masih dalam sambutan Bupati Anna, sementara desa yang telah berupaya berpartisipasi sebelum tanggal 18 Desember, akan mendapatkan Rp20 jutaan. Nantinya akan diatur juknas-juknisnya agar akuntabilitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Juknas-juknis disiapkan agar tidak melanggar peraturan. Lebih lanjut, dana ini nantinya digunakan untuk menunjang ekonomi kreatif, seperti pemain ataupun peralatan. Bupati Anna menyarankan, berbasis digital lebih baik.

“Lomba ini sekaligus mendorong penciptaan kreatifitas anak-anak, muda-mudi serta orangtua yang memiliki talenta di digital kreatif berbasis desa. Sehingga salah satu syaratnya, seluruh pemain di video berasal dari warga setempat,” imbuhnya. [cs/*]

Berikut daftar pemenang Lomba Video Kreatif Cover Lagu Nglenyer :
Kategori Video Kreatif Terbaik :
1. Juara 1 Desa Purwoasri Kec. Sukosewu.

2. Juara 2 Desa Kenep Kec. Balen.

3. Juara 3 Desa Mlinjeng Kec. Sumberejo.

Kategori Musikalitas Terbaik :
1. Juara 1 Desa Gamongan Kec. Tambakrejo.

2. Juara 2 Desa Tegalkodo, Kec. Sukosewu.

3. Juara 3 Desa Senganten Kec. Gondang.

Kategori Interaksi Penonton Terbaik :
1. Juara 1 Desa Lengkong Kec. Balen.

2. Juara 2 Desa Mulyoagung Kec. Bojonegoro.

3. Juara 3 Desa Tejo Kec. Kanor.
https://youtu.be/EqLuFvXqgVM. (Tris/ayu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini