Kios Bermain Harga Pupuk Siap – Siap Dapat Sanksi Berat

0
461

Sampang, sigap88news.com || Sudah memasuki musim tanam Padi, maka para petani khususnya di Kabupaten Sampang, sudah melakukan bercocok tanam, untuk mendapat kualitas padi yang baik, maka para petani sangat membutuhkan Pupuk baik itu Pupuk dari Zat Kimia maupun Pupuk Organik, namun Khusus para Petani di Kabupaten Sampang masih memilih Pupuk Kimia dari para Organik.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Sampang telah menyiapkan Pupuk kimia dan Pupuk Organik sesuai harga ketentuan, standar Jenis Pupuk dan Harganya Per Kilogram :

  1. Pupuk Urea     : Rp. 2.250 per Kg 
  2. Pupuk SP -36  : Rp. 2.400 per Kg
  3. Pupuk ZA         : Rp. 1.700 per Kg
  4. Pupuk NPK      : Rp. 2.300 per Kg
  5. Pupuk Organik
  • Granul              : Rp. 800    Per Kg
  • Cair                  : Rp. 20.000 per Liter

Namun disinyalir dilapangan masih ada oknum kios nakal untuk mempermainkan harga, salah satu contoh di Kecamatan Omben Sampang, dimana Petani harus membeli Pupuk Non Subsidi 1 Kg yaitu Pupuk Petro Cas dengan harga Rp. 10.000, jika ingin membeli Pupuk Urea satu Sak 50 Kg dengan Harga Rp. 135.000, ditempat, jika tidak, maka Petani tidak bisa menerima Pupuk Urea 50 Kg.

“ Mau beli satu sak Pupuk Urea 50 Kg, masih ada syarat harus beli Pupuk Petro Cas 1 Kg harganya Sepuluh Ribu Rupiah, maka baru dapat Pupuk Urea 50 Kg dengan Harga Seratus Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah Itu di tempat Keos bukan harga nyampe ke rumah, jadi totalnya Seratus Empat Puluh Lima Ribu Rupiah “. Ungkap salah satu Petani Asal Desa Meteng Kecamatan Omben yang namanya enggan dipublikasikan.

Saat konfirmasi kepada Kepala Dinas Pertanian Ir. Suyono, MT, menjelaskan, harga Pupuk Bersubsidi sudah diatur oleh Pemerintah, maka dari itu jika ada Kios main – main harga laporkan kepada dirinya, maka dia akan melakukan tindak keras, dia mencontohkan Pupuk Urea per Kg Rp. 2.250 satu sak berarti 50 Kg, maka harga Pupuk Urea di Kios sebesar Rp. 112.500, tidak boleh lebih dari itu, kecuali tambahan biaya transportasi dari Kios ke Rumah – rumah petani.

“ Harga Pupuk Subsidi sudah diatur oleh Pemerintah, insyaallah untuk Kabupaten Sampang jumlah Pupuk Aman, maka dari itu, harga tidak bisa main – main oleh Kios, jika terbukti maka kami akan mengambil tindakan Tegas, harga beli Pupuk Urea di kios per saknya itu Seratus Dua Belas Ribu Lima Ratus Rupiah tidak boleh lebih kecuali biaya Transportasi itu bukan rana kami “. Terang Kadisperta Kabupaten Sampang.

Terkait ada syarat untuk beli Pupuk Urea dengan harus membeli Pupuk Petro Cas, Kadis Pertanian dengan tegas, itu tidak benar, maka dia berjanji akan melakukan teguran kepada Distributor dan Kios agar tidak mengulangi hal tersebut, jika tidak digubris maka dia akan melakukan tindakan tegas.

“ Tidak ada ketentuan harus membeli Pupuk Petro Cas untuk mendapatkan Satu Sak Pupuk Urea, maka kami terima kasih sudah ada informasi ini, dalam waktu dekat akan kami tegur, jika masih nakal, kami akan lakukan tindakan lebih tegas lagi “. Pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini