YPN ;  “Selamat Hari Lahir Pancasila, Mari Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Untuk Indonesia Lebih Baik.

0
300

Baturaja Oku,Sigap88news.com || Setiap tanggal 1 Juni Rakyat Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila, ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.
Tanggal 1 Juni 1945 telah ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila, maka segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal tersebut sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Wakil Ketua I DPRD OKU Yudi Purna Nugraha, SH.,politisi muda yang memiliki jiwa idealis dalam membela aspirasi masyarakat mengatakan, penetapkan 1 Juni sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila. Dasar atau alasan pemilihan tanggal tersebut karena bertepatan pada momen ketika gagasan tentang dasar Republik Indonesia dicetuskan oleh Soekarno melalui pidatonya.

” Soekarno saat itu mengusulkan lima dasar negara, di antaranya Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang Berkebudayaan,” jelas Yudi politisi muda yang aspiratif dan sudah berhasil duduk di lembaga legislatif sebagai anggota DPRD OKU selama dua periode di  2014-2019 dan 2019-2024.

Yudi Purna Nugraha (YPN) Wakil Ketua I DPRD OKU

Sebagai alat pemersatu bangsa, dikatakan YPN singkatan dari nama Yudi Purna Nugraha. Pancasila memiliki makna menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. Makna lainnya, Hari Lahir Pancasila sebagai jembatan untuk mengingat kembali perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila.

” Tak hanya mengingat, tetapi juga mengenang, menghormati, juga menghargai,” ujar Yudi Purna Nugraha, SH  Anak muda Alumnus Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya ini.

Dikesempatan ini, Yudi Purna Nugraha (YPN) secara pribadi dan sekaligus mengwakili DPRD OKU menyampaikan ucapan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2022.

” Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia lebih baik, walaupun berbeda agama, beda bahasa, beda warna kulit, tapi satu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila, “tutup Yudi Purna Nugraha (YPN) yang namanya digadang-gadangkan masyarakat Oku untuk maju Pilbup di 2024. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini