DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna Penjelasan P-APBD 2022 dan Pengesahan 3 Raperda

0
106

Sampang, Sigap88news.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, melaksanakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Penjelasan Bupati Atas Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun anggaran 2022 dan Pengesahan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Pada rapat paripurna DPRD, turut hadir Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah, Asisten pemerintah, Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) dan segenap Camat se- Kabupaten Sampang.

Ketua DPRD Sampang, Fadol menyampaikan, dokumen P-APBD tahun anggaran 2022 yang telah diterima melalui rapat paripurna akan dilakukan kajian dan pembahasan bersama pada tingkat komisi serta Badan Anggaran (Banggar) terhadap rancangan P-APBD tersebut.

“Kami bersama jajaran komisi dan Banggar segera melakukan pembahasan perubahan anggaran yang disampaikan Bupati Sampang,” ujarnya, Kamis (18/8/2022).

Selain agenda P-APBD tahun anggaran 2022, pihaknya langsung mengesahkan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Yaitu, Raperda tentang Penataan Desa, Raperda tentang Inovasi Daerah, dan Raperda tentang Pengarusutamaan Gender.

Sementara itu, Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menjelaskan, sesuai dengan kebijakan umum Perubahan APBD serta prioritas dan plafon Perubahan APBD Sampang tahun anggaran 2022 telah disepakati bersama dengan DPRD

Pihaknya menyebutkan, terdapat tiga hal pokok yang menjadi dasar pada Perubahan APBD tahun anggaran 2022. Pertama, perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA APBD murni tahun anggaran 2022, berupa terjadinya pelampauan atau tidak tercapainya proyeksi pendapatan dan belanja.

Kedua, keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar program, antar kegiatan, antar sub kegiatan dan antar jenis belanja.

“Ketiga, keadaan yang menyebabkan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) tahun anggaran sebelumnya harus digunakan pada tahun anggaran berjalan,” terangnya.

Secara umum pada gambaran rancangan Perubahan APBD Kabupaten Sampang tahun anggaran 2022, Slamet Junaidi mengku setelah mendengar dan mengkaji dengan seksama terhadap beberapa pendapat dan himbauan dari tim Panitia Khusus (Pansus) DPRD dan tim Penyusun Raperda.

“P-APBD merupakan hasil pembahasan bersama antara legislatif dan eksekutif sebagai amanat untuk diakomodir dalam penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah Sampang,” lanjutnya.

Pihaknya berharap, pembahasan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2022 dibahas dengan efektif dan dapat ditetapkan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sehingga berdampak pada pelaksanaan program tepat waktu dan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

“Secara pribadi maupun atas nama pemerintah daerah, kami berterima kasih kepada DPRD yang mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran hingga pengesahan Raperda sebagai dasar pengajuan nomor register peraturan daerah untuk segera diundangkan,” pungkasnya. (Tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini