Apresiasi GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL

Redaksi
Pemerintahan 286 Views
3 Min Read

Bojonegoro, sigap88news.com – Bupati Bojonegoro bersama ATR/BPN Kab. Bojonegoro mencanangkan GEMAPATAS (Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas), sebagai upaya dalam mengakselerasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sesuai program Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Gemapatas mentargetkan sebanyak 1 juta patok batas bidang tanah terpasang serentak di seluruh Indonesia.

Usai Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto melaksanakan Gemapatas secara terpusat di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, yang bertemakan “Satu Juta Patok Untuk Indonesia”, menandai dimulainya pemasangan patok serentak. Pagi ini di Pendopo Balai Desa Kedaton, Bupati Bojonegoro didampingi Forkopimda dan Kepala ATR/BPN Kab. Bojonegoro, turut menyerahkan sertipikat tanah kepada masyarakat dan menyaksikan langsung pemasangan patok oleh pemilik tanah, Jum’at (03/02).

Gemapatas juga merupakan langkah awal dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan PTSL Terintegrasi Tahun 2023. Hal ini, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kepala ATR/BPN Kab. Bojonegoro dalam laporannya melaporkan bahwa sejauh ini total _Patok_ yang terpasang di Kab. Bojonegoro sebanyak 88.930 buah. Di tahun 2022 lalu PTSL di Kab. Bojonegoro mentargetkan sebanyak 60.000 bidang, dan target sertipikat hak atas tanah sebanyak 59.220 bidang yang tersebar di 16 kecamatan dan 48 desa. “Harapan kami, sisa 7.715 bidang dapat diserahkan di bulan februari ini.” Terang Andreas Rochyadi.

Andreas menambahkan pada tahun 2023, memperoleh target PTSL seluas 10.082 Ha, dengan total sertipikat hak atas tanah sebanyak 36.249 bidang di 12 kecamatan dan 33 desa se Kab. Bojonegoro. Selanjutnya pihaknya mengucapkan terimakasih atas antusiasme dan keseriusan masyarakat dalam menuntaskan PTSL tahun 2022. “Kami sangat terbantu dan termotivasi atas dukungan dan kerjasama masyarakat yang telah membantu mulai proses pemberkasan hingga menjahit sertipikat di Kantor BPN, agar dapat selesai tepat waktu.” Tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro sangat mendukung proses percepatan PTSL untuk pengamanan aset dan meminimalisir adanya sengketa di tengah masyarakat. Selain itu, dengan adanya percepatan PTSL juga akan mendukung percepatan pembangunan daerah maupun nasional.

Anna Mu’awanah sangat mengapresiasi atas capaian tersebut, harapannya sisa 180.000 bidang yang perlu dilakukan PTSL dapat segera kita bicarakan dan diselesaikan dalam waktu dekat. Sehingga program Pembangunan Pemkab Bojonegoro dapat dilaksanakan dengan maksimal. “Selama ini kami telah memasang listrik dengan daya 900 watt untuk masyarakat kurang mampu. Dan hal tersebut perlu didukung dengan adanya sertipikat hak atas tanah oleh warga.” Terangnya.(Tris/ayu)

TAGGED:
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *