Tips Menjaga Kebersihan Gigi dan Bau Mulut Selama Ramadhan

Editor
Pendidikan 461 Views
2 Min Read

Banten, Sigap88news.com – Selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, masyarakat diajak agar menjaga kesehatan gigi dan mulut, sehingga berdampak terhadap kenyamanan dalam beraktivitas untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik.

“Bila gigi dan mulut kondisinya sehat dipastikan ibadah puasa Ramadhan lancar,” kata Dokter gigi Siska Mardiana, Jum’at (24/03/2023).

Sebab kata dia, jika gigi dan mulut bermasalah tentu dapat mengganggu kegiatan beribadah selama bulan suci Ramadhan dan aktivitas lainnya.

Karena itu, masyarakat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan wajib menyikat gigi dua kali dalam sehari, yakni setelah makan sahur dan sebelum tidur malam.

Siska menganjurkan sikat yang digunakan yakni sikat gigi halus dan tidak melukai gusi, seperti sikat gigi interdental yang mampu diterapkan hingga pada bagian sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh bulu sikat.

Selain itu, untuk menjaga timbulnya bau mulut selama Ramadhan disarankan menghindari makanan pedas, minyak dan pemanis.

Siska menjelaskan, bau mulut itu menunjukkan indikasi adanya kerusakan pada bagian gigi dan lama-lama bisa menimbulkan masalah.

Berkumur-kumur dengan memilih obat kumur yang non-alkohol agar tidak mengiritasi mukosa rongga mulut juga bisa meminimalisir bakteri yang masih menempel.

Selain sikat gigi, masyarakat juga dapat menggunakan alat pembersih lidah agar menjadi bersih sehingga mencegah bau mulut.

Selanjutnya Dokter Gigi yang bertugas di Puskesmas Rangkasbitung Kabupaten Lebak ini juga menyarankan masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin enam bulan sekali baik ke Puskesmas, Klinik maupun rumah sakit.

“Kami minta masyarakat fokus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut agar tetap sehat dan terjaga dengan baik,” tutur Siska. (AR-red)

TAGGED:
Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *